Daerah Adopsi Pelatihan Usaid Prioritas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Daerah Adopsi Pelatihan Usaid Prioritas

WAJO, FAJARONLINE — Sebagai wujud komitmen meningkatkan mutu pendidikan, Dinas Pendidikan (Disdik) dari pelbagai daerah di Sulsel mulai mengadopsi progra pelatihan Usaid Prioritas. Pelatihan itu meliputi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan pembelajaran Pakem modul 1-3.

Kabupaten Wajo misalnya, Pelatihan MBS an Pakem dilaksanakan di Gedung Arma Kab. Wajo, selama tiga hari, 4-6 Juni. Menurut Koordinator Dearah Usaid Prioritas Wajo, Andi Irmahaerani kegiatan ini terlakasana karena banyaknya masukan dari pihak sekolah dan fasilitator daerah kepada Dinas Pendidikan Wajo tentang besarnya manfaat pelatihan serupa sebelaumnya.

“Pihak Disdik Wajo juga membuat surat himbauan agar menganggarkan di Rencana Kegiatan Sekolah menggunakan dana BOS khusus untuk keikutsertaan dalam kegiatan pelatihan ini,” ujarnya.

Hal serupa juga dilaksanakan oleh Bantaeng. Dikpora Bantaeng bekerjasama dengan Usaid melaksanakan penyebarluasan pelatihan ala Usaid ke semua sekolah tingkat SD dan SMP. Bahkan, kpelatihan itu akan dihelat hingga September 2015.

Hal itu setelah ada perjanjian tertulis antara Usaid dan Pemkab Bantaeng untuk berkomitmen meningkatan mutu pendidikan. Komitmen ini bahkan dituangkan dalam Renja Dinas Pendidikan dan RKS/RKT/RKA di tingkat sekolah. “Ada 1121 guru SD dan 130 guru SMP baik negeri maupun swasta yang akan diberi pelatihan,” jelas Koordinator Usaid Prioritas Bantaeng, Erni.

Kasi Ketenagaan Dikpora Bantaeng, Anshary menjelaskan pihaknya telah membentuk kepanitiaan pelatihan, yang di SK-kan oleh Kadis Dikpora Bantaeng. Mereka diharapkan mengorganisasikan kegiatan pelatihan bukan hanya untuk modul 1 tetapi sampai modul 3 Prioritas. “Pelatihan besar-besaran ini merupakan komitmen daerah meningkatkan pendidikan di daerah ini,” pungkasnya. (ris)

Click to comment
To Top