Dua Treble Bersejarah Barca – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Dua Treble Bersejarah Barca

BERLIN – Musim 2008/09 dan 2014/2015 tercatat sebagai musim terbaik dalam sejarah FC Barcelona. Setelah mengalahkan Juventus di stadion Olympia pada Sabtu malam, tim melengkapi gelar treble dari liga, Copa del Rey dan Liga Champions, seperti yang dilakukan oleh Josep Guardiola enam tahun lalu.

Dilansir dari laman resmi klub, tujuh tim berbeda telah memenangi gelar treble yang sama, namun Barca menjadi tim pertama yang bisa mengulang pencapaian di tahun 2009, tahun dimana tim menang 6-2 di Santiago Bernabeu untuk meraih gelar juara liga, lalu mengalahkan Athletic Bilbao di Mestalla untuk meraih gelar juara Copa kemudian mengalahkan Manchester United di Roma untuk menjadi juara Eropa.

Tentu saja, mereka menambah gelar juara dari Super Cup Spanyol dan Super Cup Eropa juga Club World Cup, yang artinya tim memenangi enam gelar utama dalam waktu satu tahun.

Enam tahun kemudian, di bawah asuhan Luis Enrique, mereka berhasil melakukannya lagi. Tim merebut gelar juara liga di Vicente Calderon, kandang juara bertahan, dengan mengendalikan pertandingan dengan baik. Athletic kembali lagi menjadi korban laga final copa, kali ini di Camp Nou, dan Liga Champions diamankan pada Sabtu malam di ibukota Jerman dengan menyingkirkan tim yang juga mengincar gelar treble, yaitu Juventus dari Turin.

Tak kurang dari tujuh pemain skuat Barca terlibat dalam dua kali meraih gelar treble, yaitu Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Leo Messi, Gerard Pique, Dani Alves, Sergio Busquets dan Pedro Rodriguez.

 

Tujuh tim dengan gelar treble

Sama seperti Barca (2009, 2015) enam tim lain yang juga berhasil memenangi gelar kontinental dan domestik juga copa dua kali dalam satu musim adalah:

· Glasgow Celtic (1967)

· Ajax Amsterdam (1972)

· PSV Eindhoven (1988)

· Manchester United (1999)

· Inter Milan (2010)

· Bayern Munich (2013)

 

 

 

loading...
Click to comment
To Top