Imigrasi Tobelo Grebek 12 TKA Asal China, 7 Sudah di Deportasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Imigrasi Tobelo Grebek 12 TKA Asal China, 7 Sudah di Deportasi

TERNATE – Aparat dari Kantor Imigrasi Tobelo, Kabupaten Halmahera Timur bersama dengan Pihak Keimigrasian Provinsi Maluku Utara melakukan operasi gabungan pada awal Mei lalu. Dalam operasi tersebut, pihak Imigrasi berhasil mengamankan beberapa orang Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China yang bekerja di perusahaan PT Fajar Bakti yang terletak di Pulau Gebe.

Kepala Divisi Keimigrasian Provinsi Maluku Utara, Dody Karnida yang dikonfirmasi membenarkan penggrebekan tersebut. Dikatakan, dalam penggrebekan dilapangan itu, pihaknya menemukan 12 orang TKA asal China yang kemudian langsung diamankan oleh pihak Imigrasi Tobelo untuk diproses lebih lanjut.

“Hasil pemeriksaan dari 12 orang itu, 5 orang diantaranya hanya memiliki Kartu Izin Tinggal Sementara (KITaS) yang dikeluarkan oleh Imigrasi Jakarta Selatan. Sementara 7 orang lainnya mengantongi Visa,” kata Dody melalui telepon selulernya, Minggu (7/6/) malam.

Lebih lanjut, dari 12 orang tersebut, tujuh diantaranya sudah dipulangkan ke Negara asalnya mengingat Visa yang digunakan masa berlakunya sudah hampir habis. Sementara lima lainya yang menggunakan KITaS sampai saat ini masih berada di Tobelo.

“Jadi, yang tujuh ini mereka mengantongi Visa Kunjungan Usaha (Multiful Visa) dan bisa digunakan dalam beberapa kali perjalananan. Yang tujuh ini pulang dengan sendirinya pada awal Mei pasca penggrebekan,” tambahnya.

Terkait adanya informasi intervensi dari oknum dari Kemenkum HAM pusat soal proses pemulangan TKA ini, Dody membantah hal itu. Menurutnya, selama para TKA ini mengantongi KITaS dan Visa yang masih berlaku maka tidak menjadi persoalan. “Memang kalau sudah punya KITaS tidak perlu dipersoalkan. Jadi KITaS dari Jaksel didalamnya juga tertera izin mempekerjakan tenaga asing di Maluku Utara. Tidak ada itu intervensi,” tegasnya.

Untuk diketahui, 12 TKA ini merupakan teknisi pembuatan Smelter yang dipekerjakan di PT Fajar Bakti. PT Fajar Bakti sendiri merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan aluminium yang terletak di Pulau Gebe, Kabupaten Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara. (hrm)

loading...
Click to comment
To Top