Otonominya Khusus, Anggaran Paling Besar, Tapi Tak Ada yang Mampu Menata Jakarta – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Otonominya Khusus, Anggaran Paling Besar, Tapi Tak Ada yang Mampu Menata Jakarta

JAKARTA-Belum ada sosok pemimpin yang bisa mengelola Jakarta sebagai ibukota negara dengan sistem manajerial yang baik dan benar.

Demikian disampaikan Sekjen Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sudarsono Hardjoesoekarto ketika berbicara dalam Forum Senator untuk Rakyat bertema “Ibukota Pindah Kemana?” di Jakarta Pusat, Minggu (7/6).

Mantan Dirjen Otonomor Daerah Kementerian Dalam Negeri ini mengatakan, masalah di Jakarta bukan pada tekanan penduduk yang begitu besar, macet, banjir atau banyak sampah, tapi karena pemimpinnya tidak mampu mengelola ibu kota dengan baik.

“Jakarta ini dari dulu undang-undanganya khusus, otonominya khusus, anggarannya paling besar, penduduknya cuma 10 juta. Ini karena tidak mampu menata saja, jadi masalah ketidakmampuan pemimpin Jakarta,” kata Sudarsono.

Sudarsono mengaku jika dirinya pernah lama tinggal di Tokyo yang memiliki jumlah penduduk 36 juta. Namun karena tata kelolanya bagus, maka tidak ada timbul masalah seperti yang di Jakarta.

Selain soal ketidakmampuan pemimpin, Sudarsono mengatakan Jakarta sejak awal design tata kota du Jakarta bermasalah. Itu sebabnya wacana pemindahan ibukota sudah pernah dilontarkan oleh presiden pertama Soekarno. Ditambah lagi, sistem perkantoran negara yang tidak punya perencanaan secara matang.

“Jadi ada dua masalah besar ibukota, pertama tidak mampu mengelolanya, kedua design Jakarta sebagai ibukota memang tidak pernah matang,” demikian Sudarsono.[dem/rmol]

Click to comment
To Top