Bahaya…. Virus MERS Jangkit Warga Korea Selatan, RI Keluarkan Travel Warning – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Bahaya…. Virus MERS Jangkit Warga Korea Selatan, RI Keluarkan Travel Warning

JAKARTA- Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi mengeluarkan himbauan berpergian (travel warning) bagi warga Indonesia (WNI) yang ingin menuju ke Korea Selatan.

Bersama Kementerian Kesehatan, Retno memberikan pemahaman pada masyarakat soal travel advice di negara gingseng itu. Pasalnya beberapa hari belakangan, wabah Sindrom Pernapasan Timur Tengah (MERS) menjangkiti negara asal K-Pop itu.

“Kita sudah mengeluarkan travel advice, kita juga sudah bicara dengan Ibu Menkes,” ujar Menlu Retno kepada wartawan saat ditemui di kantornya, Senin (8/6).

Namun demikian, kemenlu kata Retno hanya memberikan himbauan berpergian terkait MERS. Jika masyarakat ingin mengetahui lebih detail, ada hyperlink yang menautkan portal online Kemenkes di Kemenlu. Dengan begitu, himbauan bisa disebar secara efisien dan ditangani langsung oleh ahli masing-masing.

“Karena yang lebih berwenang menyampaikan hal mengenai MERS adalah kemenkes, dan saya sudah bekerja sama dengan ibu menteri kesehatan,” kata Retno.

Sebagaiama diketahui, ada 87 orang di Korea Selatan yang terindikasi dijangkiti virus MERS. Wabah itu telah menyebar di Korsel sejak bulan lalu, sementara otoritas setempat melaporkan enam korban tewas akibat virus ini. Pemerintah Korea Selatan sendiri tengah berusaha memotong rantai penyebaran MERS supaya tidak menjadi epidemi.

Akibat virus yang diduga berasal dari Timur Tengah itu, dilaporkan 1.870 sekolah ditutup, sementara ribuan orang diisolasi. Mereka diduga pernah melakukan kontak dengan penderita MERS dan sekarang dalam penanganan pemerintah. Sementara ini belum ditemukan vaksin untuk virus tersebut, pakar kesehatan mengatakan virus itu menyebar lewat kontak fisik dengan orang yang terinfeksi, bukan lewat udara. [mel/rmol]

loading...
Click to comment
To Top