Gawat! Rupiah Berpotensi Terus Melemah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Gawat! Rupiah Berpotensi Terus Melemah

JAKARTA – Sampai saat ini posisi USD terus menguat terhadap mata uang global termasuk rupiah. Kurs rupiah kini di bawah level support Rp 13.252 per USD. Bahkan, kurs rupiah masih berpotensi terus melemah jika tidak ada perbaikan arah.

Itu yang diungkapkan Head of Research PT NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada, kemarin.

“Berat untuk rupiah (sementara ini) mampu berbalik positif, terkecuali ada sentimen yang bagus untuk pembalikan arah. Sepanjang belum ada sentimen positif, kurs rupiah masih berpotensi melemah,” ulasnya.

Disamping itu, secara mengejutkan, indeks harga saham gabungan (IHSG) berhasil berbalik menguat pada penutupan perdagangan akhir pekan lalu di level 5.100,572. Namun, itu bukan berarti fase lesu Bursa Efek Indonesia (BEI) akan berakhir. Pada perdagangan awal pekan ini IHSG masih rawan koreksi.

Bahkan, Reza memperkirakan, IHSG akan berada pada rentang support 5.070-5.080 dan resistance di 5.150-5.175. Secara teknikal, indikator MACD masih melanjutkan pelemahan dengan histogram negatif lebih panjang. “Laju IHSG secara tren masih menunjukkan pelemahan, namun akhir pekan lalu laju IHSG mencoba berbalik naik,” ungkapnya.

Kenaikan akhir pekan lalu itu diharapkan berlanjut, meski investor disarankan tetap berhati-hati karena dikhawatirkan hanya sesaat. Bursa saham global akhir pekan lalu juga ditutup negatif, terutama bursa AS dan Eropa.

Bursa saham AS mendarat di zona merah setelah indeks Dow Jones Industrial turun 0,31 persen, indeks Nasdaq melemah 0,22 persen, dan indeks S&P 500 drop 0,14 persen.

Rilis kenaikan nonfarm payrolls, manufacturing payrolls, dan government payrolls belum mampu membawa bursa saham AS ke zona positif. Rilis tersebut menimbulkan spekulasi kenaikan suku bunga The Fed dapat dipercepat dari perkiraan sebelumnya akhir tahun ini. “Akibatnya, nilai USD dan yield obligasi (10 years US Treasury) naik dan berimbas negatif pada bursa saham AS,” kata Reza. (gen/oki/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top