Jalur Sultra Menuju Sulteng Rawan Kecelakaan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Jalur Sultra Menuju Sulteng Rawan Kecelakaan

UNAAHA – Akses jalur lintas yang menghubungkan Provinsi Sulawesi Tenggera dengan Provinsi Sulawesi Tengah, diidentifikasi sebagai daerah penuh “jebakan” karena banyak titik-titik rawan longsor yang sewaktu-waktu bisa membahayakan pengguna jalan, terutama selama musim hujan.

Kasatlantas Polres Konawe, AKP Bakti Kautsar Ali mengungkapkan, berdasarkan hasil survey pada akhir pekan lalu, jalur Sultra yakni di Kabupaten Konawe Utara menuju Sulteng menjadi kawasan paling rawan terjadinya
kecelakaan lalu lintas dan longsor.

“Jalur provinsi Sultra dan Sulteng yang telah dinyatakan berstatus aman longsor yakni dari Kendari-Konawe namun jalur tersebut juga rawan Lakalantas karena masih ada sebagian jalan berlubang, sementara dari Konut ke Sulteng memiliki potensi longsor karena berada di jalur antara tebing dan jurang. Potensi longsor semakin tinggi lantaran kondisi tanah yang labil, berongga, sehingga ketika intensitas curah hujan meninggi, maka ancaman longsor kian besar,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, menjelang arus mudik lebaran 2015, kata dia, pihaknya akan terus melakukan pemantauan serta berkoordinasi dengan instansi terkait guna memikirkan regulasi tersebut. “Kami mengimbau masyarakat yang kerap melintasi jalur Sultra-Sulteng untuk tetap berhati-hati karena masih banyak ditemukan jalan bergelombang, dan rawan longsor, dikhawatirkan kondisi itu bisa menyebabkan kecelakaan,” imbaunya.

Kapolres Konawe AKBP DR. Barito Mulyo Ratmono menambahkan, berdasarkan hasil pengecekkan persiapkan jalur mudik dari Kecamatan Sampara (perbatasan Konawe-Konut) Sampai Kecamatan Wiwirano (perbatasan Sultra-Sulteng) diidentifikasi sedikitnya ada lima titik rawan kecelakaan dan longsor yakni di Kecamatan Sawa dua titik, Asera dua titik, dan Wiwirano. “Pada arus mudik nanti kami telah menyiapkan personil akan melakukan penjagaan pada lima titik rawantersebut dengan cara mendirikan posko serta penjagaan secara mobile,” tuturnya. (def/KP/c) 

Jalur Mudik yang Rawan Kecekalaan dan Longsor dari Kecamatan Sampara (Perbatasan Konawe-Konut) Sampai Kecamatan Wiwirano (Perbatasan Sultra-Sulteng) :
– Kecamatan Sawa dua titik
– Kecamatan Asera dua titik
– Kecamatan Wiwirano satu titik

loading...
Click to comment
To Top