Lapangan Karebosi Disewakan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Lapangan Karebosi Disewakan

FAJARONLINE,FAJARONLINE — Kisruh sepakbola Indonesia bukan hanya berdampak pada insan sepakbola, tetapi pada sarana dan prasarana yang digunakan klub. Contohnya tempat latihan resmi PSM, Lapangan Karebosi Makassar.
Pengelola lapangan Karebosi, Abdul Haris mengungkapkan sejak terhentinya latihan rutin PSM, biaya operasional dan perawatan juga ikut terhenti. Jika dibiarkan, lapangan yang baru saja dipugar itu akan kembali rusak. “Kalau lama tidak dipakai, permukaannya akan mengeras, rumputnya lebat apalagi kalau tidak dirawat,” katanya.
Haris tidak punya pilihan lain. Per hari ini, Senin 8 Juni, lapangan itu kembali disewakan pada kalangan umum. “Kami terpaksa menyewakan lapangan untuk menutupi biaya operasional perawatan dan honor petugas lapangan,” ujarnya.
Dia merinci, biaya perawatan lapangan sebesar Rp 2,5 juta perbulan. Biaya ini meliputi bahan bakar mesin potong rumput, pupuk, pompa air dan biaya lainnya. “Itu diluar honor petugas lapangan yang totalnya Rp2,25 juta per bulan,” kata Haris.
Biaya sewanya terhitung murah untuk lapangan dengan kualitas bagus, apalagi dilengkapi bench baru. Untuk sekali pakai, penyewa dibebankan biaya sewa antara Rp 150 ribu-300 ribu. “Lumayan banyak yang mau. Harga sewanya murah untuk lapangan di Makassar,” bebernya.
Sebelumnya, Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menginstruksikan agar lapangan itu dirawat dengan baik. “Walaupun pengelolaannya sudah diserahkan kepada PSM, saya perintahkan agar tetap dirawat. Begitu selesai dipakai langsung ditata kembali rumput dan permukaannya,” kata Danny.
Danny juga berharap, kisruh PSSI – Kemenpora segera berakhir, agar masyarakat sepakbola dan semua yang terlibat didalamnya bisa kembali bernafas, karena menggantungkan hidup lewat industri sepak bola. (ris)
loading...
Click to comment
To Top