Pasar Solok Terbakar, 60 Kios Hangus – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hiburan

Pasar Solok Terbakar, 60 Kios Hangus

SOLOK – Kebakaran hebat kembali terjadi di Pasar Solok, Kota Solok, Sumatera Barat, Sabtu (6/6) lalu. Belum diketahui berapa total kerugian dalam peristiwa tersebut, tapi sedikitnya ada 60 kios ludes terbakar.

Tahun lalu kebakaran yang sama juga terjadi, dimana bangunan bertingkat tahap IV Pasar Raya Solok ludes terbakar.

Kebakaran yang belum diketahui sumber apinya ini terjadi sekitar pukul 20.00 WIB, bertepatan waktu shalat Isya. Dengan sekejap api menyebar melahap kios-kios pedagang ayam, sayur, kelapa, ikan, dan pedagang P&D yang ke semua bangunannya terbuat dari kayu.

Beruntung, ketika api mulai membesar, kawasan Pasar Raya Solok diguyur hujan deras disertai angin kencang. Kondisi ini jelas membantu kerja petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk menjinakkan api.

Apalagi, tak hanya petugas kebakaran kota dan kabupaten Solok yang berjuang di bawah guyunan hujan, melainkan petugas Damkar dari Kota Padangpanjang, Sawahlunto, dan Padangpariaman ikut bahu membahu memadamkan api.

Informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, kobaran api dapat dipadamkan sekitar pukul 21.15 WIB. Namun, banyak diantara mobil Damkar yang hanya datang ke lokasi tanpa mengeluarkan semprotan air.

Sebab, hingga pukul 22.30 WIB kawasan Pasar Raya Solok masih diguyur hujan lebat. Sehingga, petugas Damkar tak terlalu repot untuk memadamkan api.

Hanya saja, petugas panik dan sesak ulah masyarakat yang berbondong-bondong di bawah guyunan hujan untuk menyaksikan lokasi kebakaran dari dekat. [NEXT-FAJAR]

Dari informasi yang diterima di lapangan, selentingan didengar penyebab kebakaran akibat puntung rokok. Ada juga masyarakat yang menyebut kebakaran karena konsleting listrik arus pendek.

Kendati demikian, hingga berita ini diturunkan, belum diketahui penyebab pasti kebakaran. Tak hanya itu, baik pihak BPBD, Dinas Pasar, belum mengetahui berapa kios yang hangus terbakar. Namun, dari pantauan, lebih dari 50 kios pedagang dilalap api.

“Penyebab kebakaran masih diselidiki aparat berwenang,” tutur salah seorang anggota Polisi yang tampak basah kuyup menyisir lokasi kebakaran.

Kepala Kantor Pengelola Pasar Raya Solok, Fidly Wendi Alfi mengatakan, pihaknya belum menginventarisir jumlah kios dan lapak-lapak pedagang yang terbakar. Namun, diperkirakan sekitar 60 kios pedagang yang dilalap api.

Tak hanya kios, ada milik pedagang berupa peti, meja, yang mayoritas terbuat dari kayu. “Kalau kerugian belum bisa dihitung. Bagaimana menghitungnya sekarang, kondisi masih hujan, besok mungkin bisa dihitung,” katanya.

Sementara itu, Ketua RT I/RW I Kelurahan Koto Panjang, Kecamatan Lubuk Sikarah, Herawati, menambahkan, jumlah petak kios yang hangus terbakar ditaksir mencapai lebih 70 unit, ditambah satu buah rumah milik Sabran yang sehari-hari sekaligus dijadikan tempat penggilingan daging.

“Untung kobaran api bisa cepat dikendalikan, setelah sebelumnya datang hujan lebat, ditambah bantuan puluhan unit mobil pemadam. Kalau tidak, mungkin sudah ludes terpapar Pasar Solok ini dibuatnya,” ucapnya. (rpg

loading...
Click to comment
To Top