Wah, 1500 Batu Akik Pecahkan Rekor MURI – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hiburan

Wah, 1500 Batu Akik Pecahkan Rekor MURI

JAKARTA – Acara Festival Palang Pintu X di Kemang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Minggu (7/6) diselenggarakan dengan sangat meriah. Kemeriahan itu pun disertai dengan ada pemecahan rekor dunia dan Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk 1.500 pengunjung yang menggunakan batu akik pandan Betawi.

“Kehadiran 1.500 pengguna batu akik jenis pandan wangi Betawi di Festival Palang Pintu menjadi fenomena tersendiri dan upaya bersama untuk melestarikan seni budaya Betawi dan budaya Indonesia lainnya,” ujar pendiri MURI, Jaya Suprana saat menyerahkan sertifikat dan plakat kepada Darusalam, Ketua Panitia Festival Palang Pintu Kemang.

Sementara itu Darusalam mengatakan, batu pandan mempunyai sejarah tersendiri di masyarakat Betawi. Diantaranya sebagai penentu status dalam kemasyarakatan. “Kalau dahulu, orang yang sudah pergi haji memakai semacam batu safir. Nah kalau orang yang belum, itulah yang pakai batu pandan,” terangnya seperti dilansir dari RMOLJakarta.Com.

Pemberian rekor dunia sebagai puncak acara dihadiri dua menteri dari Kabinet Kerja yakni Hanif Dakhiri, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar.

Turut mendampingi Camat Mampang Prapatan, Asril Rizal, Lurah Bangka, Dedih Suhada dan jajaran Muspika. Dedih Suhada menjelaskan di hari kedua Festival Palang Pintu ditandai dengan pelepasan komunitas sepeda Onthel melibatkan 150 peserta.

Pesta tahunan warga Kemang ini dibuka Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Kebudayaan dan Pariwisata, Sylviana Murni pada Sabtu (6/6). Disemarakkan dengan atraksi seni budaya Betawi yakni Palang Pintu, Lenong dan Gambang Kromong.

“Selain itu pengunjung juga menikmati wisata kuliner Betawi dan produk kreatif lainnya melalui 300 stand yang dikelola pelaku usaha kecil, mikro dan menengah,” papar Dedih. (wid/RMOL)

loading...
Click to comment
To Top