World Ocean Day Harus Gelorakan Isu Poros Maritim – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

World Ocean Day Harus Gelorakan Isu Poros Maritim

JAKARTA–Peringatan World Ocean Day menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi harus menjadi momentum untuk menggelorakan isu poros maritim.

“Sekarang sudah ada satu legacy yang harus terus dikembangkan agar memberikan nilai ekonomis tinggi dan memantapkan poros maritim,” kata Yuddy saat membuka sarasehan nasional peringatan World Ocean Day bertajuk Menuju Negara Maritim di Jakarta, Senin (8/6).

Dikatakan, poros maritim merupakan satu isu yang terus ada, namun terkadang timbul dan tenggelam. “Ketertarikan saya terhadap isu maritim ini sebenarnya sejak saya masih menjadi anggota DPR tahun 2008-2009. Saat itu saya di Komisi I yang konsen terhadap Angkatan Laut,” kisahnya.

Saat itu, lanjutnya, angkatan laut Indonesia masih sangat lemah, padahal Indonesia memiliki laut yang sangat luas. Yuddy sempat bertemu dengan salah seorang konseptor kelautanan, Marwoto Yuwono, dan membicarakan mengenai konsep poros maritim.

“Beliau menjelaskan tentang sejarah maritim Indonesia, posisi strategis Sunda Kelapa dan betapa pentingnya kemaritiman Indonesia di mata dunia, yang menorehkan sejarah panjang,” bebernya. (esy/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top