Ahok Mengatakan, tidak akan Paksa Rumah Makan Tutup di Bulan Ramadhan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Ahok Mengatakan, tidak akan Paksa Rumah Makan Tutup di Bulan Ramadhan

 JAKARTA- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan tidak akan memaksa seluruh rumah makan tutup selama bulan puasa berlangsung.

Menurutnya, keharusan rumah makan ditutup atau tidak saat bulan puasa tergantung tafsiran dari orang-orang saja.

“Itu tafsiran orang masing-masing ya. Kalau kata teman saya yang muslim justru akan dapat pahala kalau dia bisa menahan diri (sementara rumah makan buka). Makanya tergantung masing-masing orang,” ujarnya di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (9/6).

Kata Ahok, ia memiliki teman-teman beragama Muslim yang tidak memaksakan agama untuk ikut berpuasa. Menurutnya, tidak memaksa agama lain untuk ikut berpuasa adalah sebuah bentuk tenggang rasa.

“Temen saya yang beragama islam dia bilang ‘Ya kalau saya puasa kenapa saya mesti paksa orang puasa?’ Sama kaya di pesawat kan, mohon maaf bagi yang beribadah puasa ngga dibagi,” katanya.

Pernyataan Ahok ini disampaikan terkait polemik pernyataan Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin di twitter mengenai kewajiban orang yang berpuasa untuk menghormati orang yang tidak berpuasa sekaligus tidak boleh memaksa rumah makan ditutup pada bulan Ramadan.

Menteri Lukman sendiri mengatakan bahwa kicauannya di twitter tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan toleransi umat beragama.

“Umat Islam sebagai penduduk mayoritas di Indonesia sudah sepantasnya menghormati orang yang tidak berpuasa karena berbeda keyakinan.[dem]

Click to comment
To Top