DAU Bone Terancam Dikurangi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

DAU Bone Terancam Dikurangi

FAJARONLINE, WATAMPONE – Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Bone merasa khawatir terhadap sikap Dinas Pendidikan (Disdik) yang membiarkan sisa dana alokasi khusus (DAK) 2014 sebesar Rp5 miliar masih mengendap di kas daerah. Padahal DAK tersebut harus dialokasikan sampai akhir tahun anggaran 2015. Terlebih dengan terbitnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang memberi sanksi pengurangan dana alokasi umum (DAU) jika pemerintah daerah tidak mampu menyerap habis DAK sampai akhir tahun anggaran.

“Karena sekarang DAK itu beresiko, Pemerintah Pusat mengurangi DAU jika DAK tidak habis, tidak melihat seberapa jauh pelaksanaan kegiatan dari DAK itu sendiri, tapi dilihat dari berapa yang terserap dan berapa yang tersisa,” ungkap Sekretaris DPKAD Kabupaten Bone, Najamuddin, Selasa 9 Juni.

DAK Disdik Bone menurut dia, untuk tahun anggaran 2015 masih terus menumpuk di kas daerah. Bahkan hingga memasuki akhir triwulan kedua belum ada permintaan. “Ini sudah bulan Juni, sampai saat ini belum ada permintaan yang masuk. Padahal dananya sudah lama mengendap di kas,” katanya. (jai)

loading...
Click to comment
To Top