Minggu Ini Novel Kembali Ajukan Gugatan Praperadilan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Minggu Ini Novel Kembali Ajukan Gugatan Praperadilan

JAKARTA – Setelah mengajukan gugatan Praperadilan terhadap penetapan tersangka penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan oleh penyidik Bareskrim Polri, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Kini, Novel akan kembali mengajukan gugatan praperadilan untuk kasus yang lain.

Kali ini terkait dengan penggeledahan dan penyitaan barang bukti kasus dugaan penganiayaan pencuri sarang burung walet di Bengkulu 2004. Ini setelah pada persidangan, Selasa (9/6), kubu Novel mencabut gugatan.

Kuasa hukum Novel Baswedan, Pratiwi Febry mengatakan, pencabutan permohonan itu dilakukan karena secara formil menghargai  proses praperadilan  yang cepat.

Pihaknya mengaku tidak mau mengorbankan hal substansi dan gugur hanya karena hal-hal yang bersifat teknis. “Nanti kami akan mengajukan yang baru agar proses ini berjalan sesuai dengan hukum acara yang cepat,”  ujar Pratiwi usai sidang di PN Jaksel, Selasa (9/6).

Ia mengatakan, permohonan baru akan diajukan secepatnya. “Dalam minggu ini kami akan mengajukan permohonan,” tegasnya.

Menurutnya, pada prinsipnya permohonan baru nanti tidak akan berbeda dengan yang saat ini.

Kepala Biro Hukum Divisi Hukum Polri Ricky HP Sihotang mengkritisi tim kuasa hukum Novel yang sebelumnya sudah diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan, namun hingga hari ini masih tidak siap. “Kalau dari kami pada prinsipnya siap,” tegas Ricky.

Tim kuasa hukum Polri lainnya, Joel Banner mengatakan, pihaknya keberatan karena tim kuasa hukum Novel mengubah substansi. “Itu yang bikin kami keberatan,” kata Joel.(boy/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top