MPR Soroti Maraknya Ijazah Palsu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

MPR Soroti Maraknya Ijazah Palsu

GROBOGAN – Maraknya ijazah aspal (asli tapi palsu) hampir melanda di setiap daerah menjadikan keprihatinan tersendiri. Tidak pernah merasakan atau mengenyam bangku sekolah maupun bangku kuliah, tapi mempunyai ijazah.

Sekarang ini banyak masyarakat yang tergiur dengan proses yang mudah tapi tidak mau susah yakni dengan mendapatkan ijazah aspal. “Fenomena ini sangat di luar akal manusia, tidak pernah sekolah kok mempunyai ijazah, ini kan aneh sekali,” kata Dr H Bambang Sadono SH MH selaku Ketua Badan Pengkajian MPR RI usai sosialisasi empat pilar MPR RI di aula Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan Jawa Tengah, Selasa (9/6).
“Dan ini adalah salah satu bukti bahwa nilai-nilai pancasila ini tidak dihayati, jadi kalau orang menghayati itu tentu mereka akan mempertimbangkan dari segala segi dan aspeknya, segi yang hubungannya dengan masyarakat, segi yang hubungannya dengan hukum, dan mudah-mudahan mereka bisa kembali ke jalan yang benar yakni kembali ke nilai-nilai falsafah bangsa yang sudah menjadi kesepakatan kita mungkin praktek-praktek ijazah palsu itu tidak ada,” jelas Bambang.
Saat ditanya adanya dugaan keterlibatan para oknum intlektual kampus, Bambang sangat menyayangkan jika itu terjadi, namun semua itu butuh proses.
“Jika nantinya ada keterlibatan para intelektual kampus seyogyanya para penegak hukum harus menyelesaikan sesuai aturan yang ada, jangan sampai terkesan seperti pisau yakni ke atas tumpul tapi ke bawah tajam,” imbuh Bambang. (Awg)

loading...
Click to comment
To Top