Sambut HUT RI, Pemkot Semarang Gelar Khitanan Massal – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Sambut HUT RI, Pemkot Semarang Gelar Khitanan Massal

SEMARANG, RAJA – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-70 yang jatuh pada 17 Agustus mendatang, Pemerintah Kota Semarang bekerja sama dengan Rumah Sakit Islam Sultan Agung dan Badan Amil Zakat Kota Semarang, menggelar Khitanan Massal.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 150 pelajar tingkat dasar hingga menengah dan melibatkan puluhan tenaga medis, diadakan di Gedung Balaikota, Senin (8/6).

Dalam sambutannya, Sekda Kota Semarang, Adi Tri Hananto menyampaikan, bahwa proses khitan atau sunat dari segi kesehatan sangat penting dan banyak manfaat. “Bagi laki-laki, sunat berfungsi untuk mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sahnya ibadah. Selain itu, kegiatan khitanan juga mengajarkan kepada anak-anak kita mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan badan terutama alat kelamin,” ujarnya.

Laki-laki yang dikhitan, kata dia, memiliki resiko rendah terkena penyakit menular seksual, salah satunya HIV/AIDS disamping mencegah kanker dan inflamasi.

Dengan kegiatan ini, lanjut dia, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri adik-adik generasi muda dan sekaligus menggali potensi diri agar semakin dewasa. “Kalian harus bangga karena sudah dikhitan, artinya kalian semakin besar, dewasa dan matang. Berusahalah untuk bisa menjadi anak yang baik, berbakti kepada orang tua serta terus belajar demi meraih harapan dan cita-cita,” imbuhnya.

Pihaknya mengapresiasi khitanan massal ini. Selain dilaksanakan dalam momen yang pas saat anak-anak libur sekolah, kegiatan khitanan massal ini juga gratis guna meringankan beban warga masyarakat yang kurang mampu di Kota Semarang. (Art)

To Top