Satpol-PP Copot Paksa Ratusan Reklame – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Satpol-PP Copot Paksa Ratusan Reklame

SLAWI, RAJA – Ratusan reklame yang terpasang di sepanjang jalan protokol di wilayah Kabupaten Tegal dicopot paksa. Pencopotan yang mendasari Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 Tahun 2011 tentang ketertiban umum (tibum) ini dilakukan oleh sejumlah petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Tegal.

Penertiban reklame itu diawali dari Kota Slawi yang meliputi Jalan Gajahmada, Jalan Prof Moh Yamin, Jalan Ahmad Yani, Jalan KS Tubun, dan Jalan Dr Sutomo. Selain di lokasi itu, petugas yang berseragam hijau ini juga menyasar di wilayah Banjaran, Adiwerna dan Pagerbarang.

Kepala Satpol PP Pemkab Tegal, Zaenal Arifin melalui Kepala Seksi Operasi dan Penegakan Perda (Opsdak), Pekik Yulianto mengatakan, pencopotan paksa itu karena pemasangan reklame dan banner iklan tersebut dinilai menyalai aturan. Adapun, pemasangan reklame yang menyalahi aturan yakni, dipasang di batang pohon, tiang lampu jalan dan lampu merah, serta dipasang melintang di atas jalan raya. Selain mencopot paksa reklame yang menyalahi aturan, pihaknya juga membredel reklame yang belum membayar pajak atau belum berizin. “Reklame yang kami tertibkan jumlahnya mencapai ratusan,” tegasnya.

Reklame dan banner yang dicopot itu, saat ini diamankan di kantor Satpol PP. Diharapkan, bagi pemilik reklame yang merasa kehilangan supaya mendatangi kantornya di lingkungan Pemkab Tegal. “Kalau mau diambil, silahkan datang ke kantor kami (Satpol PP),” cetusnya.

Pekik mengatakan, selain mengacu pada Perda Nomor 7 Tahun 2011, penertiban reklame itu juga mendasari perintah dari Bupati Tegal ihwal pelarangan pemasangan reklame di batang pohon dengan menggunakan paku atau kawat. Tak terkecuali juga sebagai upaya untuk meningkatkan keindahan Kota Slawi. Pekik menghimbau, bagi masyarakat yang memasanga reklame, hendaknya tidak di batang pohon. Sebab, selain menggangu keindahan kota, juga mengganggu pengguna jalan. “Mari kita jaga dan rawat pohon, karena pohon ini penting untuk kehidupan kita di masa mendatang,” imbaunya. (*)

loading...
Click to comment
To Top