Wow, DPR Minta Dana Aspirasi Satu Anggota Rp 20 Miliar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Politik

Wow, DPR Minta Dana Aspirasi Satu Anggota Rp 20 Miliar

JAKARTA – Senyum sumringah mulai terpancar dari bibir para anggota DPR RI. Betapa tidak, Badan Anggaran (Banggar) DPR tengah mengusulkan kembali adanya dana aspirasi anggota DPR setiap tahun mulai 2016. Jumlahnya pun terbilang fantastis karena setiap anggota akan dijatah antara Rp15-20 miliar per tahun.

Ketua Badan Anggaran DPR, Ahmadi Noor Supit menjelaskan dana aspirasi ini berbeda lagi dengan rumah aspirasi yang juga diperuntukkan bagi rakyat di daerah pemilihan anggota DPR. Karena dana rumah aspirasi yang jumlahnya sekitar Rp 1 miliar dikelola sekretariat jenderal DPR.

“(Dana aspirasi dapil) Rp15-20 miliar di RAPBN 2016. Berbeda dengan rumah aspirasi. Rumah itu sekretariat, tapi itu belum jalan,” kata Supit di gedung DPR Jakarta, Selasa (9/6).

Politikus Golkar ini menyebutkan program aspirasi dapil untuk mengakomodir program-program yang diusulkan masyarakat di dapil masing-masing. Peruntukannya guna membangun fasilitas umum.

Dana aspirasi ini menurut Supit amanat dari Undang-undang MPR, DPR, DPD dan DPRD. Dimana setiap anggota DPR disumpah untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat daerah.

“Tadinya itu tidak dalam bentuk angka tertentu. Tergantung dimana mereka berada. Misal di komisi pertanian mudah memperjuangkan. Tapi di Komisi XI atau I gimana? Supaya ada keadilan dan semua anggota bisa akomodir aspirasi daerah, dicoba di Tahun Anggaran 2016,” tandasnya.

Bahkan, Supit menyebutkan pada Juni ini masing-masing anggota sudah mulai menjaring aspirasi konstituennya. Kemudian semua usulan akan diverifikasi untuk ditentukan melalui pos mana usulan itu bisa dimasukan, lalu disepakati. “Di periode lalu tidak ada seperti ini,” tandasnya. (fat/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top