15 Tahun Dilanda Abrasi, Warga Demak Inginkan Sabuk Pantai – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

15 Tahun Dilanda Abrasi, Warga Demak Inginkan Sabuk Pantai

DEMAK – Masyarakat dan Kepala Desa Sriwulan dan Desa Bedono melakukan diskusi di Pantai Morosari Desa Bedono Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Kegiatan tersebut selain memperingati hari lingkungan hidup sedunia juga untuk mencari solusi pasti menanggulangi abrasi berkepanjangan hampir 15 tahun lebih melanda di 5 desa. Lima desa itu di antaranya Desa Bedono, Sriwulan, Timbul Sloko, Sidogemah dan Purwosari.

Diskusi hangat hampir satu setengah jam lebih, warga bersama dua Pj Kepala Desa yang kebetulan hadir memimpin acara tersebut telah menghasilkan keputusan bahwa warga akan segera melakukan aksi keperihatinan terhadap Pemerintah atas abrasi berkepanjangan yang melanda wilayah Kecamatan Sayung bagian Utara.
Mereka juga meminta kepada pemerintah pusat untuk membuatkan sabuk pantai di wilayah pantai yang melintasi Desa Sriwulan, Bedono, dan Timbulseloko.
Zamroni Pj Kepala Desa Sriwulan yang memimpin diskusi tersebut mengaku belum puas atas penanganan dari Pemerintah untuk masalah abrasi berkepanjangan di wilayah Pantai Utara yang selama ini tidak serius.
Bahkan kalau hal tersebut masih dibiarkan, sambung Zamroni, abrasri akan meluas sampai melangkah ke desa berikutnya. Apalagi tambak ikan yang dulu sabagai sumber mata pencaharian sudah tidak ada bentuknya alias jadi lautan.
“Saya khawatir kalau abrasi ini tidak ditangani secara serius nanti akan meluas,dan akan merambah ke Desa disekitarnya” Katanya dengan nada lirih.
Hal lain juga disampaikan Pj Kepala Desa Bedono, H. Aslor, bahwa keperihatinan warga memang sudah bertahan begitu lama sejak abrasi melanda hingga sekarang. Dia berharap kepada Pemerintah untuk segera bertindak menanggulangi bencana abrasi yang merusak daratan laut utara yang ada di Demak, khususnya wilayah Sayung bagian utara.
Aslor juga menyepakati aspirasi dari warga, bahwa wilayah Desa Sriwulan, Bedono dan Timbulseloko harus segera dibuatkan sabuk pantai sebagai benteng abrasi. (fiz)

loading...
Click to comment
To Top