7 Sumber Air untuk Ritual Siraman Gibran dan Silvi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

7 Sumber Air untuk Ritual Siraman Gibran dan Silvi

SOLO – Tidak lama lagi pasangan calon pengantin Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda akan resmi sebagai pasangan suami istri melalui proses sajral ijab Kabul. Namun, sebelum ijab Kabul, ada ritual siraman, Rabu (10/6) pagi yang tak kalah sakralnya.

Bahkan, saking sakralnya, air siraman yang dipakai bukan berasal dari sembarang tempat. Melainkan dari tujuh sumber mata air terpilih.

Air tersebut bersumber dari Masjid Agung Surakarta, Ndalem Mloyokusuman, Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Mangkunegaran, air Zam-zam, serta sumur kediaman pribadi.

“Ini sumber air untuk dua mempelai harus sama dari satu bokor. Makanya setelah dicampur, dibagi dua. Kami antarkan ke rumah Mas Gibran,” ujar anggota keluarga Selvi, Purboyono yang membawa bejana emas berisi air.

Tiga anggota keluarga Selvi membawa kendi itu bergantian di antaranya Purboyono, Heru Haryanto dan Slamet Darsono, menuju kediaman Presiden Joko Widodo yang berjarak kurang dari 200 meter dari rumah kontrakan mempelai perempuan.

Purboyono mengaku tak ada arti khusus dari 7 sumber air yang dipakai untuk siraman calon pengantin. “Menurut adat Jawa memang harus tujuh sumber air,” kata Purboyono.(flo/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top