Acara Tembungan Gunakan Bahasa Jawa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Acara Tembungan Gunakan Bahasa Jawa

SOLO, RAJA – Keluarga besar Presiden Joko Widodo resmi melamar Selvi Ananda Putri pada Selasa (9/6) malam tadi untuk dijadikan istri dari Gibran Rakabuming Raka. Acara yang juga disebut tembungan itu menggunakan tata cara adat Jawa dan juga menggunakan pengantar bahasa Jawa.

Gibran beserta Jokowi dan keluarga tiba di kediaman Selvi Ananda sekitar pukul 19.00 WIB. Mereka datang dengan berjalan kaki dengan pengawalan penuh dari Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) di sepanjang jalan yang dilalui.
Setibanya di rumah Selvi, pihak mempelai pria langsung melakukan prosesi lamaran dengan adat Jawa.

Dari pihak mempelai laki-laki, lamaran diwakili oleh Paman Jokowi, Setiawan Prasetyo. Sedangkan dari pihak perempuan lamaran diterima oleh ayahanda Selvi yakni Didit Supriyadi.
Usai lamaran berlangsung, prosesi berikutnya adalah siraman yang akan dilakukan pada Rabu pagi besok.

Siraman dilakukan di kediaman masing-masing mempelai. Setelah acara siraman, Rabu malam akan digelar acara midodareni, sebelum nantinya dilangsungkan Ijab Qabul pada Kamis pagi.
Jokowi dan keluarga datang ke rumah Selvi Ananda di Jalan Kutai Raya, Kelurahan Sumber Banjarsari, Solo dengan berjalan kaki.

Nampak dalam rombongan Iriana, istri Jokowi dan ketiga anaknya Gibran Rakabuming Raka, Kaesang Pangarep dan Kahyang Ayu.
Iring-iringan keluarga Gibran mulai datang ke kediaman Selvi sekitar pukul 19.00. Rombongan ini dipimpin oleh paman Jokowi, Setiawan Prasetyo yang berjalan paling depan.

Di belakangnya, Gibran diapit Jokowi dan Iriana. Pada baris berikutnya, tampak kedua adik Gibran yaitu Kaesang Pangarep dan Kahiyang Ayu.
Jokowi mengenakan pakaian batik warna coklat tua. Pakaian dengan warna sejenis juga dipakai Gibran dan Kaesang namun beda motif.

Gibran sendiri nampak memakai kacamata. Iriana dan Kahyang Ayu memakai kebaya biru dengan kalung mutiara.
Tembungan dilakukan oleh paman Jokowi, Setyawan Prasetyo. Sedangkan keluarga Selvi diwakili oleh Heru Haryanto.
Sementara, Selvi Ananda nampak anggun memakai kebaya biru. Jokowi tiba di rumah Selvi sekitar 19.00 WIB. Tembungan berlangsung sekitar 5 menit.

Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Kepresidenan Eko Sulistyo mengatakan, setidaknya ada tiga hal yang menarik dalam pernikahan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, dengan Putri Solo Selvi Ananda.
“Ini menarik karena anak seorang presiden tidak mempermasalahkan latar belakang calon istrinya,” kata Eko di Solo, kemarin.

Eko menilai, baik Gibran maupun Jokowi adalah pribadi yang sangat egaliter. Gibran tidak mempersoalkan calon istrinya, Selvi Ananda, anak seorang masyarakat biasa yang berprofesi sebagai pedagang, bahkan masih mengontrak rumah untuk tempat tinggalnya.
“Pak Jokowi pun tidak mempersoalkan pilihan anaknya,” ucapnya.

Hal menarik kedua, menurut Eko, yakni soal tingginya antusiasme masyarakat untuk berpartisipasi atau istilahnya mangayubagyo acara pernikahan tersebut. Dari mulai penarik becak, penjual makanan atau kuliner, hingga relawan dari berbagai daerah ingin ikut serta terlibat dalam acara itu atas inisiatif sendiri.
“Yang kedua ini menarik karena partisipasi masyarakat. Hal seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya,” ujarnya.

Hal lain yang membuat pernikahan ini berbeda adalah penekanan bahwa para tamu undangan tidak diperkenankan membawa bingkisan atau kado sebagai hadiah pernikahan.
Permintaan itu bahkan telah tertulis dalam undangan yang disebarkan. “Kalau sekadar poster ucapan atau karangan bunga itu tidak terelakkan ya, itu sulit untuk ditolak,” kata Eko.

Acara pernikahan Gibran-Selvi dimulai pada 9 Juni dengan agenda lamaran. Kemudian, pada tanggal 10 Juni malam, acara midodareni akan digelar di kediaman Presiden Jokowi di daerah Sumber. Adapun resepsi pernikahan digelar pada 11 Juni di Gedung Graha Sabha Buana. (sd-km)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top