Banjir Wajo, Rendam 48 Desa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Banjir Wajo, Rendam 48 Desa

FAJARONLINE, SENGKANG – Hujan deras yang terus mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Wajo dalam beberapa hari terakhir membuat 48 desa yang tersebar di tujuh kecamatan terendam banjir. Juga ribuan hektare sawah dan kebun milik warga seakan berubah menjadi lautan.

Ketujuh kecamatan dimaksud masing-masing Tempe, Pammana, Sabbangparu, Belawa, Maniangpajo, Tanasitolo, Keera, dan Pitumpanua. Di Kecamatan Pammana, jalan utama yang menghubungkan Kabupaten Wajo dan Kabupaten Bone terputus akibat luapan air yang menggenangi jalan di Desa Pallawarukka.

Akibat tergenangnyan poros tersebut membuat, jalan menjadi macet. Jalur transportasi yang menghubungkan dua kabupaten terganggu. Banjir juga telah mengakibatkan Jalan Andi Paggaru Kecamatan Tempe tidak bisa dilewati kendaraan. Air setinggi lutut orang dewasa tersebut membuat pengendara memutar haluan dan mengambil jalan lain.

Ketinggian air di tujuh kecamatan bervariasi, mulai 40 cm hingga satu meter lebih. Total sawah dan ladang warga yang teredam mencapai 25.107 hektare. Sedangkan rumah yang tergenang mencapai 15.025 unit.

Seorang warga Kecamatan Tempe, Sube mengatakan, banjir diprediksi akan terus naik. Bahkan bisa sampai pada ramadan mendatang. “Melihat curah hujan yang tinggi, kami prediksi banjir akan lama, debit air saja terus bertambah,” katanya. Rabu 10 Juni. (jai)

loading...
Click to comment
To Top