DPP KNPI Audiensi dengan Menteri Keuangan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

DPP KNPI Audiensi dengan Menteri Keuangan

JAKARTA – Dalam kesempatan audiensi Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) dengan Menteri Keuangan RI, Bambang Brodjonegoro, Ketua Umum DPP KNPI Muhammad Rifai Darus, menyampaikan perlu adanya kemitraan strategis antara pemerintah dan masyarakat, khususnya Pemuda.

Kemitraan strategis itu bisa meliputi sosialisasi pemuda sadar pajak serta pengawasan terhadap penggunaan keuangan negara, terutama pengawasan dana perimbangan daerah yang begitu besar, dari total APBN Rp 2000 trilyun, hampir Rp 600 triliun yang ditransfer ke daerah (Provinsi/Kabupaten/Kota).

Rifai Darus menambahkan perlunya diberikan kesempatan bagi pemuda indonesia/kader-kader KNPI untuk mendapatkan kesempatan program beasiswa S2 & S3 baik di dalam negeri maupun luar negeri, melalui program LPDP/Lembaga Pengelola Dana Pendidikan di bawah Kementerian Keuangan.

“Dan pentingnya pelatihan bagi pengguna anggaran di daerah, baik dalam proses perencanaan, mekanisme penyusunan maupun singkronisasi program pemerintah pusat dan daerah,” kata Rifai Darus.

Sementara itu, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro merespon positif keinginan DPP KNPI dalam ikut serta mendorong pembangunan bangsa, Bambang menyampaikan bahwa, KNPI perlu menciptakan enterpreneurship pemuda khususnya di daerah, karena kewirausahaan pemuda masih sangat minim.

“Pemuda tidak hanya bicara politik, pemuda harus mandiri, lain dari itu pengawasan dan sosialisasi terhadap penggunaan keuangan negara sangat penting pemuda harus turut serta, apalagi dengan adanya Dana Desa yang diluncurkan oleh Pemerintah Pusat, peran aktif pemuda dalam melakukan pendampingan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa, agar meminimalisir penyalahgunaan dana tersebut,” jelas Bambang. (rls)

loading...
Click to comment
To Top