Gaji ke-13 Dikemas Jadi Surprise – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Gaji ke-13 Dikemas Jadi Surprise

WANGIWANGI – Harap-harap cemas dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) menunggu kepastian dari gaji ke-13 mulai terlihat. Namun, Sekretaris Daerah (Sekda) Wakatobi, Sudjiton, MM memastikan akan ada surprise dari pemda soal gaji tersebut.

“Saya juga belum cek di keuangan, tapi biarlah ini menjadi surprise. Kalaupun sudah ada jangan dulu kita sampaikan, nanti kita infokan dengan kejutan. Kalau dari sekarang kan pasti para PNS sudah mulai ancang-ancang, mulai pesan kiri kanan, jadi sabar saja pasti akan datang juga saatnya,” ujarnya, Senin (8/6).

Menurutnya, gaji ke-13 PNS hanya menunggu instruksi dari pusat. Apabila sudah ada edaran terkait hal itu, dirinya meyakini dengan segera menyampaikan kejutan dimaksud kepada seluruh PNS.

“Kalau gaji ke-13 PNS itu kan bukan dari daerah melainkan dari pusat. Kalau sudah tereksekusi dari pusat pastilah kita tidak mungkin tahan-tahan itu. Berdoa saja semoga masuk sebelum memasuki bulan puasa ini sudah terealisasi,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Kepala PPKAD, Kabupaten Wakatobi, H. La Kamalu, bahwa permasalahan ke-13 PNS diatur oleh pusat. Sehingga, pemda hanya menunggu surat edaran dari Dirjen Pembendaharaan kapan akan dicairkannya gaji ke-13 PNS ini.

“Yang menjadi permaslahan, dalam sistem penggajian pemda masih diatur oleh pusat. Jadi walaupun ketersediaan anggaran di pemda sudah ada untuk gaji ke-13, namun kalau belum ada surat edaran dari Dirjen Pembendaharaan maka belum ada,” tandasnya.

“Karenanya itu, orang bisa saja berasumsi berdasarkan pengalaman selama ini kan gaji ke-13 masuk pada saat jelang lebaran. Makanya sampai saat ini belum bisa kita pastikan karena belum adanya surat edaran itu, ujar Kamalu.

Kamalu juga memastikan, gaji itu tidak ada pemotongan, namun biasanya ada karena ada iuran-iuran wajib PNS.  Lalu ada pemotongan dari BPJS dan asuransi ketenagakerjaan dan itu sudah adar regulasinya serta merupakan potongan secara resmi. Tapi kalau pemotongan lain itu memang tidak ada. (p1/KP/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top