Inilah Jalur Peredaran Narkotika Sampai ke Sulsel – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Inilah Jalur Peredaran Narkotika Sampai ke Sulsel

JAKARTA—Sedikitnya 12 ribu angka kematian penduduk tiap tahun di Indoensia akibat pengguna narkotika. Jika dilihat dari jumlah kematiannya, Ini merupakan angka fantastik.

Demikian data yang diungkapkan Badan Narkotika Nasional dan ASEAN Inter Parlementery dalam rapat fakta-finding komite (Aifocom), bersama para anggota parlemen Malaysia.

Dewi Yasin Limpo yang mewakili Majelis ASEAN Inter-Parlementery mengungkapkan, Indonesia saat ini masuk dalam keadaan darurat narkotika. Peredaran narkotika tidak hanya masif tapi sangat terstruktur.

“Bukti kongkritnya dapat dilihat dengan ditangkapnya bandar narkoba oleh Dit Reserse dan Kriminal Polri yang mengungkap penemuan bukti pabrik narkotika, di dalam lembaga pemasyarakatan.” Kata Dewi, kepada Fajar Online, Rabu (10/6).

Dewi Yasin Limpo juga mengungkap jalur peredaran Narkotika. Kata dia, kebanyakan melalui jalur laut. Rutenya melalui Hongkong, Malaysia, Timor Leste dan masuk ke Kalimantan dan menyebrang ke Sulawesi Selatan.

“Ini berdasarkan hasil penyelidikan alur narkotika oleh BNN Sulsel.” Kata Dewi.

Ia juga mengritik Lembaga Pemsyarakatan (Lapas). Katanya, Lapas saat ini bukan hanya menjadi tempat transaksi narkotika, tapi juga telah menjadi produsen seperti yang terjadi di LP Cipinang dan Salemba.

Legislator Partai Hanura ini berharap, Badan Narkotika Nasional segera melakukan penanganan aktif antar Negara, sebab hal ini menyangkut kehidupan generasi yang akan datang.

Dewi berharap agar para pemakai Narkotika segera mendapatkan penanganan medis, seperti rehabilitasi untuk penyembuhan.

Dia meminta pemerintah Indoensia memperkuat kerangka legeslatif terkait narkotika dengan memberlakukan undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. (fmc)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top