Jokowi Restui Buton Jadi Kawasan Ekonomi Khusus – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Jokowi Restui Buton Jadi Kawasan Ekonomi Khusus

PASARWAJO – Restu Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menjadikan Kabupaten Buton sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) menjadi kado spesial hari jadi Pasarwajo. Hari Ulang Tahun ke 12 Pasarwajo sebagai Ibu Kota Kabuapaten Buton diperingati hari ini (10/6).

Bupati Buton Samsu Umar Abdul Samiun bersama Gubernur Sultra, Nur Alam berhasil meyakinkan pemerintah pusat untuk menjadikan aspal Buton untuk memenuhi kebutuhan nasional.

“Keputusan soal KEK itu disampaikan Presiden Jokowi saat kami menemui beliau, akhir Mei lalu. Peraturan pemerintahnya sekarang sedang digodok pengacara negara,” kata Umar Samiun, kemarin. Selain itu, presiden menetapkan pemakaian aspal Buton secara nasional.

Dengan demikian, seluruh kebutuhan aspal secara nasional nantinya akan disuplai dari Pulau Buton. Industri pengolahannya kini sedang dibangun dan akan dilounching Presiden Jokowi pada bulan Agustus 2015 di Pasarwajo.

“Sejak awal, komitmen saya bersama wakil bupati adalah menjalankan visi misi menjadikan Buton sebagai kawasan bisnis dan budaya yang terdepan. Belum tiga tahun memerintah, itu sudah bisa kami wujudkan. Ini semua tak lepas dari dukungan masyarakat dan kerja semua elemen pemerintahan. Presiden Jokowi akhirnya bisa yakin dan menetapkan Buton sebagai KEK dan pemakaian aspal Buton secara nasional,” urai Ketua PAN Buton ini.

Umar dan La Bakry memang membuat banyak hal luar biasa selama pemerintahannya. Meski belum genap tiga tahun, berbagai terobosan dan kemajuan sudah mereka perbuat. Sebelum dipimpin Umar, budaya kaya dan potensi wisata Buton tak pernah dieksplorasi dengan baik sehingga jarang dikenal orang. Sekarang, berbagai destinasi wisata Pulau Buton sudah makin terkenal, termasuk khasanah budayanya yang ternyata maha kaya.

Selain itu, ia membuat gebrakan besar dengan membangun Bukit Takawa, sebagai pusat pemerintahan. Gedung-gedung pemerintahan disatukan, termasuk rencana membangun Rusunawa, untuk para pegawai agar bisa menetap di Pasarwajo. “Semua itu kami persembahkan untuk masyarakat Buton,” katanya.

Capain lain yang sudah dilakukan Umar bersama La Bakry adalah mengantarkan Buton meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dua tahun berturut-turut yakni 2013 dan 2014. Kondisi sosial ekonomi masyarakat juga berlangsung kondusif. (bas/KP)

loading...
Click to comment
To Top