Jokowi Tunjuk Sutiyoso Jadi Kepala BIN – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Jokowi Tunjuk Sutiyoso Jadi Kepala BIN

JAKARTA – Ternyata selain mencalonkan KSAD Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Moeldoko, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menunjuk Irjen (Purn) TNI Sutiyoso sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Marciano Norman.

Bang Yos, sapaan Sutiyoso, saat ini juga memimpin Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) yang berada di barisan pendukung Jokowi ketika Pilpres 2014 lalu.

Penggantian Kepala BIN ini sendiri disampaikan oleh Ketua DPR Setya Novanto, yang berkomunikasi langsung dengan Presiden Jokowi dalam rangkaian acara pernikahan anaknya di Solo, Jawa Tengah.

“Tadi malam sudah komunikasi langsung dengan presiden soal pergantian Panglima TNI ke Pak Gatot dan sudah menerima surat termasuk masalah Kepala BIN. Ini yang sudah beliau tunjuk adalah Pak Sutiyoso menggantikan Pak Marciano,” kata Novanto di gedung DPR Jakarta, Rabu (10/6).

Politikus Golkar ini menyebutkan surat presiden terkait Panglima TNI dan Kepala BIN itu akan segera ditindak lanjuti ke Badan Musyawarah (Bamus) DPR. Untuk Panglima TNI akan diatur jadwal pelaksanaan fit and proper test (FnP). Sedangkan Kepala BIN hanya dibacakan di paripurna karena sifatnya pemberitahuan.

Novanto mengatakan, tidak mau berpolemik mengenai posisi Panglima TNI yang kembali dijabat dari TNI Angkatan Darat (AD), bukan bergiliran ke TNI Angkatan Udara (AU). Novanto beralasan bahwa penunjukan Panglima TNI itu merupakan hak prerogatif Presiden.

Dia juga meyakini keputusan menunjuk KSAD oleh Presiden sudah melalui pertimbangan dan evaluasi. Karena itu dia berharap Jenderal Gatot mampu menjalin koordinasi dengan seluruh angkatan/matra di internal TNI.

“Tentu sosok Pak Gatot diharapkan bisa memenuhi harapan masyarakat dan juga bisa berkoordinasi dengan seluruh angkatantakan yang ada di TNI,” tandasnya.(fat/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top