Kemkominfo Mulai Aktifkan Lagi GPR – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Kemkominfo Mulai Aktifkan Lagi GPR

FAJARONLINE, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkoinfo) mulai lakukan Governance Public Relations (GPR) dengan mengkoordinasikan aktivitas-aktivitas kementerian dan lembaga negara bahkan Pemerintah Daerah untuk berkomunikasi secara terintegrasi.

“Kita mau aktifkan lagi GPR ini yaitu mengkoordinasikan aktivitas kementerian dan lembaga negara bahkan pemda,” kata Menkominfo Rudiantara, disela-sela Rakornas 2015 di Jakarta.

Menurutnya pelaksanaan GPR ini untuk memperoleh pemahaman dan kepercayaan publik terhadap kredibilitas pemerintah. Misalkan, konsen masyarakat menjelang bulan puasa atau ramadhan ini apa. Tentunya menyangkut kebutuhan sembako, maka Menteri Perdagangan dan Menteri yang harus bicara, Begitu juga yang terkait dengan persiapan transpotasi baik angkutan darat dan udara maka Kemhub yang harus bicara, disamping itu yang menyangkut kondisi jalan dalam hal yang bicara adalah Kementerian PU.

“Semuanya itu dikomunikasikan melalui GPR. Agar tidak lagi, Kementeria bicara kepada publik atau wartawan dengan pemikiran sendiri,” katanya

Oleh karena itu lanjut Rudiantara, pelaksanaan GPR bukan lagi hanya fungsi Kominfo tapi juga cermin daripada kementerian-kementerian dan lembaga.

“Dan ini kita harus revitalisasi cara komunikasi pemerintah melalui GPR. Revatalisasi bukan caranya atau sistemnya tapi organisasinya yang dmaksud orang-orangnya. Karena medianya sekarang ini bermacam-macam termasuk media sosial, karena masyarakat saat sering mendapatkan infografi dan streaming dan sebagainya,” katanya.

To Top