Komisi di DPRD Harus Pantau dan Awasi Seluruh SKPD – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Komisi di DPRD Harus Pantau dan Awasi Seluruh SKPD

SALATIGA – Buntut ‘protes keras’ DPRD Kota Salatiga terhadap Pemkot Salatiga yang dilakukan saat Rapat Paripurna Istimewa Penyampaian Rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Walikota Salatiga, yang tidak ada pembacaan rekomendasi itu, masih bergulir. Pimpinan dewan meminta seluruh komisi di DPRD untuk melakukan pemantauan dan pengawasan kepada seluruh SKPD di lingkungan Pemkot Salatiga. Demikian diungkapkan Ketua DPRD Kota Salatiga Milhous Teddy Sulistio SE.

“Kami meminta kepada komisi-komisi di DPRD Salatiga ini, untuk memantau serapan anggaran di masing-masing SKPD. Karena, pengalaman dengan SILPA yang tiap tahun selalu naik, menandakan tidak ada pelaksanaan pembangunan sehingga anggaran menumpuk. Tiap komisi hendaknya memantau SKPD yang masuk pada komisinya itu,” terang Teddy.
Menurutnya, dengan menumpuknya anggaran yang masuk dalam SILPA itu, lebih baik dana tersebut digunakan untuk pemberdayaan masyarakat daripada hanya mandeg tidak dapat digunakan. Pihaknya menyoroti, dinas-dinas yang SILPA-nya besar diantaranya Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (Cipkataru), Dinas Bina Marga dan PSDA serta Dinas Pendidikan, pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Salatiga.
“Ketiga dinas tersebut sangat besar SILPA-nya dibandingkan dengan dinas yang lain. Ini harus menjadi perhatian tersendiri dari komisi yang membidanginya di DPRD Salatiga,” katanya.
Ditambahkan, jika selama ini telah terjalin komunikasi yang baik antara Pemkot Salatiga dengan DPRD ataupun masing-masing SKPD dengan komisi yang membidanginya, maka sangat kecil SILPA akan membengkak dalam setiap tahunnya. Ini harus diakui oleh Walikota Salatiga bahwa selama ini komukasi dengan DPRD Salatiga boleh dikatakan “buntu”.
“Harusnya, selain komunikasi dapat dilakukan koordinasi dengan dilandasi kedekatan personil, maka ini salah satu strategi dalam menyelesaikan permasalahan. Namun, selama ini tidak ada komunikasi maupun koordinasi yang berjalan dengan baik,” tandas Teddy, yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Salatiga. (hes)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top