Pelaku Usaha Harus Perhatikan Selera Perempuan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Pelaku Usaha Harus Perhatikan Selera Perempuan

FAJAR ONLINE, MAKASSAR — Ilmu marketing berkembang cepat. Dinamis. Para pelaku usaha mesti selincah perubahan itu.

ERA digital banyak mendorong perubahan konsep pemasaran.Tenaga pemasar kini harus lebih kreatif, misalnya dengan memanfaatkan media promosi yang bisa berkomunikasi dua arah. Itu dijelaskan pakar marketing Indonesia, Hermawan Kartajaya, yang menjadi host Indonesia Marketeers Festifal (IMF) di Phinisi Ballroom, Grand Clarion Hotel and Convention Makassar, Selasa, 9 Juni.

“Karakter konsumen sudah berubah. Dahulu, konsumen itu langsung menerima penjelasan tentang produk yang disampaikan melalui media. Saat ini, konsumen cenderung lebih kritis. Mereka bertanya dulu, sebelum memutuskan,” terang Hermawan, yang menjelaskan konsep WOW Marketing, di depan ratusan peserta seminar.

Hermawan menjelaskan alur penerimaan konsumen yang dikenal dengan A5, yakni Aware (mengetahui), Appeal (mempertimbangkan), Ask (bertanya; mencari tahu) Act (bertindak), dan Advocate (menganjurkan).

“Dahulu, alur penerimaan konsumen itu cuma satu arah, berupa Aware, Attitude, Act, dan Act Again atau A4. sehingga iklan harus menjelaskan produk secara singkat, jelas dan tidak menimbulkan pertanyaan. Sekarang, dengan media sosial, mereka lebih kritis. Maka, iklan harus memancing mereka bertanya lagi,” jelas pria 67 tahun itu. (sbi/zul)

Untuk selengkapnya, baca Harian Fajar dan Epaper edisi 10 juni 2015

loading...
Click to comment
To Top