Pelni Turut Promosikan Wisata Baubau – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Pelni Turut Promosikan Wisata Baubau

BAUBAU – Wali Kota Baubau AS Tamrin memberikan apresiasi kepada perusahaan pelayaran yang ikut berkontribusi mempromosikan wisata yang dimiliki Kota Baubau. Hal itu diungkap orang nomor satu di Baubau itu saat menyambut kedatangan rombongan tour sepeda nusantara yang diprakarsai PT Pelni yang tiba di Baubau beberapa waktu lalu.

Rombongan tour dipimpin langsung kapten KM Tidar membawa spanduk bertemakan “PT Pelni Goes Nusantara” berasal dari club sepeda di Jakarta. Diantaranya club sepeda sampai tua (Sesat) membawa serta anggotanya yang sudah berusia 45-65 tahun. Kedatangan mereka juga mendapat sambutan dari club sepeda yang ada di Baubau termasuk rombongan sepeda yang dipimpin Kapolres Baubau.

“Mewakili masyarakat dan pemerintah Kota Baubau saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kunjungan di Baubau. Selamat datang di daerah pemilik benteng terluas di dunia ini,” kata AS Tamrin.

Walikota berharap antara pemerintah daerah dengan PT Pelni bisa membangun komunikasi dan harmonisasi. Termasuk dalam rangka memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat pengguna jasa. “Ini kegiatan yang sangat positif dan membantu daerah dalam mempromosikan potensi wisata yang dimiliki. Harapannya kedatangan mereka bisa memberikan efek domino dan kesan yang baik ketika kembali di daerahnya nanti,” tambahnya.

Kepala PT Pelni Kota Baubau, Andi Baharuddin menambahkan, Pelni Goes Nusantara akan menjadi agenda tahunan PT Pelni dalam rangka membantu mempromosikan potensi wisata yang ada di daerah. Tahun ini beberapa tempat yang menjadi titik persinggahan peserta Pelni Goes Nusantara diantaranya Jakarta, Surabaya, Makassar, Baubau, Ambon, Banda dan Tual.

Rombongan dilepas perdana dari atas KM Tidar kemudian menuju kawasan Benteng Keraton Buton. Lokasi itu sengaja dipilih mengingat kawasan Benteng Keraton Buton diyakini menjadi salah satu obyek wisata andalan Baubau, terlebih peninggalan aset budaya itu telah mendapat pengakuan sebagai yang terluas di dunia.

Salah satu yang mendorong Pelni untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut atas dorongan dari Kementerian Perhubungan yang telah memberikan instruksi langsung. Pemerintah pusat berkeinginan agar seluruh perusahaan salah satunya pelayaran bisa memberikan kontribusi dalam mempromosikan potensi wisata yang dimiliki masing-masing daerah. “Dalam rapat di Kementerian Perhubungan PT Pelni diminta untuk membantu mempromosikan pariwisata daerah. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan diantara beberapa agenda kegiatan yang telah masuk dalam agenda Pelni,” paparnya.

Rencananya pada bulan September mendatang, kegiatan tersebut akan dilanjutkan dengan promosi wisata Bahari. Salah satu titik yang menjadi spot yang akan dijajaki adalah keindahan bawah laut pulau Wakatobi. Harapannya kegiatan ini bisa memberikan dampak positif terhadap promosi wisata yang dimiliki masing-masing daerah. (war/KP/c)

Click to comment
To Top