Polisi Sudah Deteksi Daerah Rawan saat Pilkada – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

Polisi Sudah Deteksi Daerah Rawan saat Pilkada

UNGARAN, RAJA – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Semarang tahun 2015, menyedot anggaran pengamanan yang tidak sedikit. Bila pada penganggaran pengamanan sebelumnya ditetapkan Rp4,60 miliar, kini diusulkan ada tambahan Rp1,5 miliar menjadi Rp6,2 miliar.
Penambahan anggaran tersebut dilatarbelakangi adanya penambahan jumlah personel yang semakin banyak.

Menurut Kapolres Semarang, AKBP Latif Ahmad, selama Pilkada 2015 berlangsung, pihaknya akan mengerahkan 700 anggota dari total keseluruhan jumlah anggota yang berjumlah 900 personel. Polres Semarang sudah jauh hari melakukan deteksi dini dan memilah-milah kondisi daerah yang dinilai rawan di Kabupaten Semarang. Hal tersebut sengaja dilakukan untuk mengantisipasi adanya gangguan keamanan dan ketertiban umum di masyarakat.

“Kita akan selalu mendampingi di setiap kegiatan KPU. Kami juga akan meminimalisir adanya gerakan kampanye hitam saat pilkada karena itu juga merupakan tugas dari kepolisian. Langkah selanjutnya kita juga melakukan pendekatan kepada masyarakat melalui anggota kita yang di lapangan yaitu Babinkamtibmas,” terang Kapolres Semarang di gedung DPRD Kabupaten Semarang, Selasa (9/6).

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Semarang, Bambang Kusriyanto membenarkan adanya penambahan anggaran pengamanan yang sebelumnya sudah ditetapkan sebesar Rp4,60 miliar, ada usulan penambahan anggaran sebesar Rp1,5 miliar.
“Terkait usulan penambahan anggaran pengamanan Pilkada, masih akan kita bahas dahulu dalam banggar,” terang Bamabang Kusriyanto.

Pilkada 2015 mendatang bakal menghabiskan dana Rp26 miliar untuk mendukung seluruh kegiatan Pilkada dari mulai tahapan di KPU, Panwaslu hingga dana pengamanan. Bambang berharap partisipasi masyarakat lebih besar apalagi dana tersebut didanai dari APBD. “Menurut saya pribadi suksesnya Pilkada tersebut apabila partisipasi jumlah pemilihnya 70 persen. Oleh sebab itu KPU wajib mensosialisasikan pada masyarakat bahwa pesta demokrasi akan berlangsung pada tanggal 9 Desember 2015 mendatang,” ucap Bambang. (wis)

loading...
Click to comment
To Top