Provinsi Baru akan Dibuat untuk Pengungsi Rohingnya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Provinsi Baru akan Dibuat untuk Pengungsi Rohingnya

JAKARTA- Menlu Retno Marsudi menjelaskan bahwa sudah ada kesepakatan antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Myanmar terkait permasalahan pengungsi Rohingya.

Menurut dia, empat kesepakatan tersebut dicapai setelah dirinya bertemu empat mata dengan Menteri Luar Negeri Myanmar pada 21 Mei 2015 lalu.

“Pertama, (kesepakatan itu) Pemerintah Myanmar bersedia untuk melakukan langkah-langkah pencegahan keluarnya irreguler migrant dari wilayah mereka,”  kata Retno saat ditemui rekan media di gedung DPR, Jakarta, Selasa (9/6).

Kesepakatan kedua, Pemerintah Myanmar bersedia bekerjasama dengan negara-negara di kawasan dalam rangka mengatasi isu human trafficking atau perdagangan manusia.

Yang ketiga, kata Menlu Retno, kesepakatan untuk kedutaannya melakukan visittasi konsuler ke tempat-tempat dimana Indonesia dapat menampung para pengungsi Rohingya.

“Kesepakatan yang terakhir adalah komitmen untuk membangun suatu provinsi dimana orang-orang rohingya berada secara inklusif dan tidak diskriminatif,” demikian penjelasan mantan Dubes RI untuk Belanda itu.[dem]

loading...
Click to comment
To Top