Babinsa Diminta Awasi Pupuk dan Benih Palsu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Babinsa Diminta Awasi Pupuk dan Benih Palsu

FAJARONLINE, GOWA — Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Surachman Suwardi meminta Babinsa yang ada di Sulsel untuk melaksanakan fungsi pengawasan di bidang pertanian. Salah satunya adalah mengawasi peredaran pupuk dan benih palsu.

Dia mengatakan, pupuk dan benih palsu itu banyak beredar saat musim tanam. Di beberapa daerah di Indonesia, sudah banyak ditemukan kasus serupa.

“Dengan bantuan Babinsa, maka persoalan ini bisa dihindari,” jelas dia.

Dia menambahkan, benih dan pupuk palsu ini tentu akan merugikan pertani. Selain petani, juga akan merugikan produksi pertanian di Sulsel.

“Ini juga bisa berimbas pada pertanian Sulsel,” jelas dia.

Asisten Teritorial Kodam VII/ Wirabuana, Kolonel Inf Andi Sayuti mengatakan, program TNI yang membantu petani merupakan program terpadu yang disusun dari tingkat pemerintah pusat. Sebelumnya, TNI AD dan Kementan juga sudah pernah melakukan kerjasama di bidang ini.

Ratusan prajurit TNI yang bertugas sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Sulsel mendapat pelatihan sebagai pendamping petani di Balai Pelatihan dan Penyuluhan (BPP) Batangkaluku, Kamis 11 Juni, pagi ini. Mereka dilatih untuk bisa mendampingi petani yang ada di Sulsel.

Para Babinsa ini akan mendapat pelatihan untuk membantu budidaya padi, jagung dan kedelai (Pajale). Mereka diharapkan bisa mendampingi petani di Sulsel untuk meningkatkan produksi pertanian itu. Program ini adalah kerjasama dinas pertanian Sulsel, BPP Batangkaluku serta Kodam VII/Wirabuana.

“Ini juga adalah program kerjasama untuk peningkatan produksi pertanian,” jelas Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan BPP Batangkaluku, Rosdiana.(eka)

loading...
Click to comment
To Top