Ini Cara Fuad Amin Sembunyikan Uang Korupsinya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Ini Cara Fuad Amin Sembunyikan Uang Korupsinya

JAKARTA-Mantan Bupati Bangkalan, Jawa Timur, Fuad Amin Imron membuka rekening di sejumlah bank atas nama pesuruhnya, Achmad Muddar Makki. Rekening diduga digunakan untuk menampung dan menyamarkan hasil korupsi dan pencucian uang yang dilakukan oleh Fuad.

“Saya ini pesuruh di rumah beliau. Sebelumnya hanya kenal beliau waktu bangun masjid saya jadi kuli,” ujar Achmad dalam kesaksiannya di persidangan yang digelar oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (11/6).

Achmad mengaku walaupun rekening bank atas nama dirinya, namun seluruh transaksi keluar masuk dana sepenuhnya dikuasai oleh Fuad. Achmad mengaku hanya patuh ketika Kartu Tanda Penduduk (KTP) miliknya diminta Fuad untuk keperluan membuka rekening.

Fuad memerintahkan Achmad untuk membuka rekening di bank BNI, BCA, BTN, dan BRI. Selain itu, rekening pribadi milik Achmad di Bank Mandiri juga dikuasai Fuad.

“Yang di Mandiri itu rekening saya. Uang saya ambil lalu itu diteruskan. Kalau yang lain memang disuruh (Fuad),” ujar Achmad saat mengklarifikasi pertanyaan jaksa soal pembuatan lima rekening miliknya.

Achmad mengaku dalam persidangan tidak mengetahui pasti besaran jumlah dana yang ada di lima rekening atas nama dirinya.

Achmad bahkan tidak tahu dari dan lari ke mana aliran dana tersebut lantaran buku rekening dan kartu ATM dikuasai oleh Fuad.

“Saya serahkan ke beliau,” pasrah Achmad.

Berdasarkan berkas dakwaan jaksa penuntut umum dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dana yang tersebar di rekening milik Achmad memiliki nominal saldo yang beragam.

Terhitung jumlah saldo akhir di Mandiri berjumlah Rp 262,8 juta, BCA Rp 40,8 juta, BTN Rp 1,041 miliar, BNI Rp 1,129 miliar.[dem/rmol]

loading...
Click to comment
To Top