Jika Terbukti, Sutiyoso Tak Pantas Menjabat Kepala BIN – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Jika Terbukti, Sutiyoso Tak Pantas Menjabat Kepala BIN

JAKARTA – DPR perlu memastikan keterlibatan tidaknya Letjen (Purn) Sutiyoso dalam peristiwa penyerangan ke kantor DPP PDI pada 27 Juli 1996 silam. Terlebih peristiwa berdarah itu terjadi ketika Sutiyoso menjabat Pangdam Jaya.

“DPR bisa meminta masukan dari Komnas HAM dan masyarakat sipil terkait peristiwa 27 Juli,” ujar Direktur Program Imparsial, Al Araf dalam konferensi pers, Kamis (11/6).

Dijelaskan, berdasar Pasal 36 UU 17/2011 tentang Intelijen disebutkan bahwa kepala BIN diangkat dan diberhentikan oleh presiden setelah mendapat pertimbangan DPR.

“Jika nanti menurut masukan Komnas HAM dan masyarakat sipil Sutiyoso diduga bertanggung jawab atas kasus pelanggaran HAM maka DPR dapat memberi pertimbangan dan masukan ke presiden agar presiden memilih nama baru kepala BIN,” jelas Al.

Dugaan kuat terjadinya pelanggaran HMA berat sudah menjadi fakta pada kasus 27 Juli itu. Paling tidak menurut Al, bisa dikatakan Pangdam Jaya saat itu gagal melindungi kantor DPP PDI dari serangan.

“Dari situ sebenarnya Sutiyoso kurang pantas menduduki jabatan kepala BIN karena pernah memiliki pengalaman yang gagal mengamankan dalam mengamankan kantor PDI,” tegasnya. (wid/RMOL)

loading...
Click to comment
To Top