Lima Hotel Baru Tunggu Launching di Makassar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Lima Hotel Baru Tunggu Launching di Makassar

FAJAR ONLINE, MAKASSAR – Kota Makassar masih  diramaikan dengan kehadiran gedung perhotelan. Sampai akhir 2015 ini, ada lima hotel yang menantikan peluncuran. Kelima hotel tersebut masing-masing  Novotel Makassar Grand Shayla di Jalan Chairil Anwar, Grand City Makassar di Jalan AP Pettarani, Hotel Sheraton di Jalan Landak, Hotel Catur di Tanjung Bunga, dan Hotel Swissbell di Jalan Ujungpandang. “Hotel itu sudah mulai pembangunan sebelum keluar moratorium. Hotel itu dipastikan  menambah sekitar 1.000 kamar lagi di Makassar,”  ujar Ketua PHRI Sulsel, Anggiat Sinaga, Kamis 11 Juni.

Anggiat mengatakan, saat ini sudah ada 265 hotel yang beroperasi di Makassar mulai bintang 5 sampai non bintang dengan jumlah kamar  12.500 unit. Jika lima hotel baru diluncurkan, maka jumlahnya menjadi 270 hotel dan kamar sebanyak 13.500 unit. Pada awal 2016 juga sudah ada beberapa hotel yang menanti launching, di antaranya  ibis Stayle di Jalan Ratulangi dan Grand Rindra di Tanjung Bunga.

Banyaknya hotel diakui Anggiat, menciptakan perang tarif. SuplaI (hotel) terus bertambah, sementara deman (permintaan) berjalan dit empat atau stagnan. Bahkan permintaan sempat turun saat adanya peraturan Kemenpan- RB  melarang PNS beraktivitas di hotel.

“Kondisi pasar memang tidak berimbang. Suplai tumbuh santara 25-30 persen, sementaran deman cenderung stagnan. Dalam kondisi yang belum stabi, maka tidak bisa dihindari lagi adanya perang tarif. Mudah-mudahan ke depan, kondisi itu akan lebih baik lagi, tingkat hunian meningkat sehingga perang tarif bisa diminimalisasi,”  harapknya. (jai)

loading...
Click to comment
To Top