Nur Alam Didesak Gelar Muswil PAN – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Politik

Nur Alam Didesak Gelar Muswil PAN

KENDARI – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Konawe Selatan (Konsel) Djainal mengingatkan kepada Nur Alam agar segera melaksanakan musyawarah wilayah (muswil) pada akhir Juni 2015 ini. Orang dekat Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN Zulkifli Hasan ini mengaku, muswil untuk menentukan ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN periode 2015-2020 sudah diputuskan dalam rapat kerja nasional (rakernas) beberapa waktu lalu.

Djainal mengaku, baik DPP maupun DPD mengusulkan agar muswil dipercepat sebagai langkah konsolidasi menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) 2015. “Itu sudah perintah pak Zul selaku ketua DPP. Muswil harus dilaksanakan pada Juni ini,” tegas Djainal, Rabu (10/6).

Djainal menambahkan, tidak ada tawar menawar lagi untuk melaksanakan muswil di luar yang diputuskan dalam rakernas. Ia juga meminta kepada Nur Alam selaku Ketua DPW PAN Sultra untuk segera membuat agenda pelaksanaan muswil. “Tidak boleh tidak. Kalau tidak dilaksanakan itu melawan perintah DPP. Muswil tidak bisa dilaksanakan pada Desember,” katanya.

Menurut Djainal, semua pihak khususnya kader partai berlambang matahari terbit itu harus mendukung hasil rakernas. “Kita harus dukung semua. Tidak boleh tidak,” tuturnya.

Pernyataan Djainal ini, tentu bertolak belakang dengan ucapan Wakil Ketua DPW PAN Sultra Tahrir Tasruddin. Tentunya, kondisi ini menjadi ambang perselisihan pandangan antara pendukung Zulkifli dan Nur Alam yang saat ini masih resmi menakhodai PAN Sultra.

Sebelum itu, Tahrir Tasruddin mengaku beberapa pengurus DPD PAN di Sultra mendesak agar muswil dipercepat pada Juni 2015 ini. Hanya saja, kata dia, muswil idealnya dilaksanakan pada Desember 2015 sesuai dengan masa jabatan sebelumnya.

Tahrir menambahkan, desakkan muswil dipercepat merupakan luapan sebagian kader. Khusus di DPW PAN Sultra, masih menginginkan Nur Alam untuk memimpin partai tersebut hingga pemilihan kepala daerah (pilkada) Desember 2015 selesai.

“Kalau bulan Juli dilaksanakan muswil, siapa yang akan bertanggung jawab tentang kemenangan partai ini di pilkada akhir Desember nanti. Jangan bikin malu pak,” kata Tahrir di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra, Selasa (9/6).

Tahrir mengakui, desakkan percepatan muswil oleh DPP pernah disampaikan usai pelantikan pengurus DPP dan rakernas beberapa waktu lalu. Hanya saja, kata dia, Zulkifli Hasan selaku Ketua DPP belum memberikan ketegasan atas rencana tersebut. “Ini sebenarnya hanya luapan dari sebagian DPD,” akunya.

DPD yang mendesak agar muswil dipercepat, sebut Tahrir adalah DPD Konawe Selatan dan Kolaka Timur. Dua DPD ini, sangat getol memberikan perlawanan terhadap kepemimpinan Nur Alam di partai yang pernah dibesut Hatta Rajasa ini. “Dan ada sebagian lagi DPD yang menginginkan percepatan muswil,” sebut Tahrir tanpa menyebutkan DPD yang lain.

Masih kata Tahrir, adanya nama-nama yang diisukan akan mengganti Nur Alam, merupakan apriori dan belum diakui kebenarannya. Sebab, alas dia, muswil tidak bisa serta merta dipercepat karena hasil keputusan rapimnas. “Kepengurusan DPW PAN Sultra belum habis. Masih ada tanggung jawab yang perlu diselesaikan hingga akhir Desember nanti,” ujarnya.

Menurut Tahrir, kemampuan managemen partai yang dilakukan Nur Alam saat ini masih sangat dibutuhkan. Terlebih, partai sedang menghadapi pilkada serentak 2015. Sehingga, kata Tahrir, bila Nur Alam diganti pada Juli ini maka PAN akan terseok-seok melawan kekuatan partai lain.

“Kita bisa lihat, dari 17 kabupaten atau kota kita hampir semua memimpin dari PAN. Kita di Sultra mayoritas hingga di DPRD-nya. Makanya, muswil kami minta dilaksanakan pada akhir Desember nanti dan dirangkaikan dengan pelaksanaan musda secara bersamaan,” tuturnya. (BKK)

loading...
Click to comment
To Top