Soal Posisi Wakil Panglima, Komisi I : Terserah Presiden… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Soal Posisi Wakil Panglima, Komisi I : Terserah Presiden…

JAKARTA – Dalam rapat kerja antara Komisi I DPR dengan Panglima TNI, Jenderal Moeldoko, Rabu (10/6) sempat mencuat kembali terkait dengan posisi Wakil Panglima TNI. Bahkan, Moeldoko dihadapan Komisi I sempat memaparkan kembali tugas pokok dan fungsi Wakil Panglima.

Klaim itu diutarakan Ketua Komisi I DPR, Mahfudz Siddiq di gedung DPR Jakarta, Rabu (10/6). Namun, keputusan terkait posisi itu tetap berada di tangan Presiden Joko Widodo.

“Wakil Panglima TNI baru kemarin dijelaskan panglima apa alasan dan tupoksinya. Tapi ini tentu saja butuh persetujuan presiden. Kami serahkan kepada pemerintah, apakah Presiden setuju atau tidak kami serahkan sepenuhnya ke Presiden,” kata Mahfudz.

Dia mengakui, dalam UU TNI Nomor 34 Tahun 2004 tidak mengatur posisi Wapang. Dalam UU itu yang ada ialah Kepala Staf Umum (Kasum) TNI. “Kalau Presiden setuju keberadaan pos Wakil Panglima TNI maka pengangkatannya itu juga sepenuhnya jadi kewenangan eksekutif dalam hal ini Panglima TNI dan Presiden,” jelas Mahfudz.

Politikus PKS itu menambahkan, dalam paparan Moeldoko kemarin, disebutkan  pos Wapang diusulkan untuk membantu Panglima TNI sekaligus secara bersamaan mengganti posisi Kasum TNI.

“(Kalau jadi) posisi Kasum TNI dihapuskan, diganti dengan Wapang. Kami melihat penjelasan itu punya alasan tapi sepenuhnya jadi kewenangan pemerintah. Kalau Presiden setuju, karena ini tidak ditempatkan dalam Undang-undang, sepenuhnya itu jadi kewenangan eksekutif,” tandas Mahfudz. (fat/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top