Walikota Bersikap Gentle – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Walikota Bersikap Gentle

SEMARANG, RAJA – Pengamat politik dan pemerintahan dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, M Yulianto, menilai diperiksanya Walikota Semarang Hendrar Prihadi sebagai saksi oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah dalam dugaan korupsi pembangunan kolam retensi Muktiharjo di Kecamatan Pedurungan, memberi dampak positif dan negatif ke bersangkutan.

“Masyarakat akan menilai ia kesatria, karena mau memberikan keterangan bagi anak buahnya yang sedang terkena kasus hukum. Hendi akan dinilai sosok pemimpin yang mendorong masalah hukum anak buahnya segera selesai secara tuntas,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (10/6).

Menurutnya, dampak postif yang diterima Hendi, sapaan akrab Walikota menunjukan ia bersikap gentle dengan bersedia untuk diperiksa.

Sedangkan dampak negatifnya, yaitu masyarakat akan menilai kepemimpinan Hendi tidak mampu menjaga birokrasi yang bersih dari kasus hukum, khususnya korupsi.

“Apalagi, jika dugaan korupsi kolam retensi ini semakin berkembang oknum pejabatnya yang terlibat. Dampak negatif itu, ditambah fakta banyaknya oknum pejabat pemkot yang saat ini sedang terlibat kasus hukum,” terangnya.

Tidak hanya di kasus kolam retensi, kata dia, tapi juga di kasus pembelian gedung oudetrap, raibnya dana kas daerah sebesar Rp22 miliar dan kasus lainnya. Itu akan semakin menunjukkan bahwa menajemen pemerintahan Hendi lemah.

Yulianto menambahkan, bahwa terjadinya kasus kolam retensi dan kasus-kasus lainnya, juga menunjukkan pengawasan oleh lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tidak maksimal.

Menanggapi hal tersebut Ketua DPRD Kota Semarang HA Supriyadi menyampaikan, bahwa dewan sudah berupaya melakukan pengawasan kegiatan Pemkot Semarang secara maksimal.

“Dewan pasti melakukan pengawasan, karena menjadi salah amanah tugas. Kami juga prihatian dengan adanya kasus kolam retensi ini, karena dikhawatirkan pembangunannya akan terlantar sehingga masyarakat yang dirugikan,” katanya. (art)

loading...
Click to comment
To Top