Apakah Perlu, DKPP Berubah jadi Dewan Etik Pemilu? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Apakah Perlu, DKPP Berubah jadi Dewan Etik Pemilu?

JAKARTA-Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu memiliki peran dalam mengangkat kehormatan penyelenggara Pemilu. Padahal, anggaran dan fasilitas yang dimiliki DKPP dalam kondisi terbatas.

Demikian disampaikan Sekretariat Jenderal Bawaslu, Gunawan Suswantoro saat memberikan sambutan pada ulang tahun ketiga DKPP di Ruang Sidang DKPP, Jalan MH Thamrin Nomor 14, Jakarta, Jumat (12/6).

“Usia baru tiga tahun, DKPP telah memperlihatkan posisinya. Untuk itu sebaiknya DPR dan Pemerintah mengevaluasi DKPP. Rasanya, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu sudah tidak cocok lagi. Sebaiknya berubah jadi Dewan Etik Pemilu. Jadi, DKPP tidak hanya mengurusi etika penyelenggara Pemilu tetapi juga etika peserta Pemilu,” paparnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua KPU RI Husni Kamil Manik, Ketua Bawaslu RI Muhammad dan Kapolri Badrodin Haiti. Tamu undangan lainnya Plt Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Susilo dan perwakilan dari Kejaksaan Agung.

Ketua DKPP Prof. Jimly Asshiddiqie sepakat dengan wacana tersebut. Dengan demikian, DKPP tidak sepihak hanya mengurusi penyelenggara Pemilu tetapi juga peserta Pemilu. Dengan begitu ia optimis di Indonesia akan tercapai demokrasi yang lebih berkualitas.

“Bukan hanya election with integrity tetapi juga democracy with integrity,” pungkas Jimly yang juga mantan ketua Mahkamah Konstitusi itu.[dem/rmol]

loading...
Click to comment
To Top