Ketum KNPI: Alasan Regenerasi, Gatot Ok, Sutiyoso No – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Ketum KNPI: Alasan Regenerasi, Gatot Ok, Sutiyoso No

JAKARTA-Proses suksesi kepemimpinan di lembaga Tentara Nasional Indonesia  (TNI) dan Badan Intelegen Negara  (BIN) direspons oleh pemuda Indonesia. Terkait diusulkannya Kasad TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai panglima dan Sutiyoso sebagai Kepala BIN, ditanggapi berbeda oleh Ketua Umum DPP KNPI, Muhammad Rifai Darus (MRD).

“Dalam sudut pandang regenerasi, penunjukan dua tokoh ini menjadi dua hal yang sangat berbeda,” tegas MRD di sela-sela Rakernas I KNPI, di Media Sheraton Hotel, Jumat malam, 12 Juni 2015.

Terkait Jenderal Gatot, KNPI menilai pencalonan tersebut sangat luar biasa. KNPI melihat hal ini sebagai bentuk regenerasi yang sangat pas. Apalagi, sambung MRD, KNPI mendukung segala bentuk regenerasi yang sehat dalam lembaga negara apapun itu.

Hal berbeda disampaikan MRD soal  penunjukan Sutiyoso menjadi kepala BIN.  “Menurut kami tidak akan cukup efektif dari sisi usia. Kami sesungguhnya mengharapkan kepala BIN yang dipilih adalah dia yang memiliki pengalaman dalam dunia intelegen. Harus punya jaringan luar negeri atau internasional. Karena intelegen itu adalah dunia jaringan.

“Tapi yang tidak kalah pentingnya, juga masih segar dalam perspektif struktural. Jangan terlalu jauhlah dari adik-adiknya yang masih aktif,” tegas MRD.

Ketua Panitia Pengarah Rakernas I,  Risman Pasigai, mengaku Rakernas yang bertema meretas jalan baru pemuda menuju Indonesia mandiri akan berlangsung selama 2 hari, 12 sampai 14 Juni. “Rakernas yang berlangsung ini juga menjadi bukti tidak ada lagi pemuda yang terpecah belah. Semua menyatu di bawah kepemimpinan Muhammad Rifai Darus,” tegas Risman. (ysd)

loading...
Click to comment
To Top