Pasar Murah, Pekalongan Siapkan Ratusan Ton Beras – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Pasar Murah, Pekalongan Siapkan Ratusan Ton Beras

PEKALONGAN, RAJA – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan menyiapkan beras sebanyak 164,5 ton untuk penyelenggaraan pasar murah yang akan diselenggarakan selama Ramadan nanti. Pasar murah diselenggarakan untuk menstabilkan harga beras.

Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Setda Kota Pekalongan Setiyo Susilo mengatakan, pasar murah dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadan dan Idul Fitri akan dilaksanakan di 47 lokasi di 27 kelurahan se-Kota Pekalongan.

Di setiap lokasi, kata dia, nantinya disiapkan 3,5 ton beras. “Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu. Pada pasar murah tahun lalu, beras yang disiapkan di masing-masing lokasi hanya 2,5 ton,” terangnya, Kamis (11/6).

Dijelaskan dia, dalam kegiatan pasar murah nanti, beras akan dijual di bawah harga pasar. Untuk satu paket beras kemasan 5 kilogram akan dijual  Rp 40.000. “Artinya, satu kilogram beras hanya Rp 8.000 per kilogram. Sedangkan saat ini harga beras di pasaran sekitar Rp 9000 hingga Rp 10.000 per kilogram,” jelasnya.

Bahkan, lanjut dia, distributor juga menyatakan akan menurunkan harga jual beras apabila harga di pasaran turun. “Apabila harga nanti turun, distributor akan menyesuaikan,” tambahnya.

Pasar murah diselenggarakan untuk menstabilkan harga beras dan untuk mengurangi beban pengeluaran masyarakat melalui pemenuhan sebagiankebutuhan pangan dalam bentuk subsidi komoditi sembako. Menurut dia, Pemkot memberikan subsidi sekitar Rp 7 juta untuk penyelenggaraan pasar murah di masing-masing lokasi. Pagu anggaran untuk subsidi sebesar Rp 367 juta.

Pasar murah akan dilaksanakan mulai 22 Juni sampai 9 Juli 2015 setiap hari Senin sampai Kamis, mulai pukul 08.00 hingga pukul 14.00. Selain beras, warga juga bisa membeli beberapa kebutuhan pokok lain dalam pasar murah ini.

Setiyo menambahkan, pihaknya juga menyiapkan gula pasir sebanyak 23.500 kilogram, minyak goreng sebanyak 11.280 liter dan roti kaleng sebanyak 2.820 kaleng. Selain itu, susu 11.280 kaleng, telur 2491 kilogram, mi instan sebanyak 2350 kardus dan sirup sebanyak 7.990 botol. (*)

Click to comment
To Top