Soal Subsidi Solar, Dua Fraksi Beda Pendapat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Soal Subsidi Solar, Dua Fraksi Beda Pendapat

FAJARONLINE, JAKARTA – Komisi VII DPR RI pada rapat kerja (raker) bersama Menteri ESDM Sudirman Said di Gedung DPR RI, Senayan, Kamis, (11/6) menyepakati subsidi untuk bahan bakar minyak (BBM) jenis solar tak berubah tetap sebesar Rp1.000 per liternya.

Ketua Komisi VI Kardaya Warnika mengatakan keputusan subsidi tersebut berdasarkan beberapa catatan. Yakni dari tujuh fraksi, ada lima fraksi yaitu Golkar, Demokrat, PKB, PPP, dan Hanura setuju subsidi tetap yakni Rp 1.000 per liter. Sedangkan, dua fraksi lainnya yaitu Gerindra menetapkan subsidi tetap solar seharusnya Rp 1.200 per liter dan PDIP menetapkan Rp1.500 per liter.

“Alasan Fraksi PDIP menetapkan subsidi solar berada di level Rp1.500 per liter karena subsidi itu harus mengikuti harga perkembangan minyak dunia. Sedangkan alasan Fraksi Gerindra menetapkan subsidi solar berada di level Rp1.200 per liter itu dikarenakan  kondisi nilai tukar rupiah terhadap dolar yang terus melambung,” ujarnya.

Lanjut dia, semua fraksi sudah menyampaikan pendapatnya, maka tetap disimpulkan bahwa subsidi tetap untuk solar Rp1.000 per liter. Dan ketuk palu kesimpulan akhir subsidi solar tersebut dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2016.

loading...
Click to comment
To Top