Antisipasi Penimbunan Sembako Melalui Perpres – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Antisipasi Penimbunan Sembako Melalui Perpres

FAJARONLINE, JAKARTA – Komisi VI DPR RI mengherapkan agar Peraturan Presiden (Perpres) sebagai aturan turunan dari UU Perdagangan segera diterbitkan.

Pasalnya jelang Ramadan dan Idul Fitri, harga-harga komoditas di pasar tradisional mulai merangkak naik. Kareba dikhawatirkan penimbunan bahan kebutuhan pokok oleh para spekulan juga rentan terjadi.

“Kami berharap sebelum puasa atau lebaran, Perpes mengenai kebutuhan bahan pokok pertanian, perikanan, dan industri harus segera diselesaikan supaya jelas,” kata Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Heri Gunawan.

Kata dia, ada kewenangan Menteri Perdagangan (Mendag) untuk mengatur harga. Kalau peraturan itu tidak ada, akan sulit dasar hukumnya, terutama untuk menjerat para penimbun. “Ini kan mendekati puasa dan lebaran, tidak menutup kemungkinan terjadi penimbunan,” ungkapnya.

Perpes tersebut, lanjut dia penting untuk memperjelas aturan teknis di lapangan. Bahaya penimbunan yang mungkin terjadi jelang Ramadan dan Idul Fitri ini sangat terbuka. Dan masyarakat pun akan terancam kelangkaan bahan kebutuhan pokoknya.

loading...
Click to comment
To Top