Gubernur Jateng Pastikan Pantau Harga Sembako – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Gubernur Jateng Pastikan Pantau Harga Sembako

SEMARANG, RAJA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan Pemerintah terus memantau fluktuasi harga sembako terutama pada momentum menjelang Ramadhan ini.

“Kalau stok sembako sejauh ini aman, untuk beras stoknya mencukupi hingga lima bulan ke depan jadi tidak ada masalah,” katanya usai menghadiri acara peringatan keselamatan pelayaran dan hari laut sedunia di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jumat (12/6) kemarin.

Meski stok aman, pihaknya berharap Bulog Divisi Regional Jateng tetap berupaya meningkatkan volume serapan beras sehingga tidak memunculkan kekhawatiran di kalangan masyarakat mengenai kemungkinan adanya kenaikan harga beras akibat ketiadaan stok.

“Dalam hal ini serapan beras bukan target bupati atau wali kota tetapi tugas dari Bulog. Oleh karena itu, kami meminta Bulog yang bertugas menjaga ketersediaan beras,” katanya.
Menurutnya, yang paling penting dilakukan oleh Pemerintah adalah mengendalikan harga agar jangan sampai terjadi kenaikan harga yang tidak terkontrol karena dapat memicu terjadinya inflasi.

Dalam hal ini, Pemda Jateng memanfaatkan sistem informasi harga dan produksi komoditi (Sihati) yang bekerja sama dengan Bank Indonesia. Sihati merupakan media informasi yang terintegrasi dan dapat diakses secara luas.

Sihati bertujuan untuk memberikan informasi yang akurat terkait harga dan produksi komoditas kelompok bahan makanan di suatu wilayah.

Sebelum menyusun Sihati tersebut, BI selaku person in charge (PIC) program Sihati telah melakukan pemilahan data komoditas berdasar kriteria kelompok bahan makanan serta komoditas di setiap daerah yang mempunyai bobot besar dalam pembentukan inflasi. “Dalam hal ini Sihati penting untuk mengendalikan inflasi karena melalui sistem ini kami dapat memantau fluktuasi harga,” katanya.

Sementara itu, mengenai kemungkinan adanya oknum nakal terkait permainan harga sembako di pasaran, pihaknya mengimbau kepada seluruh bupati dan wali kota untuk melakukan pengawasan terhadap kemungkinan tersebut. “Kalau ditemukan ada oknum nakal langsung tidak tegas,” katanya. (fiz-dbs)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top