Pengamat Sebut Jika Gugatan Diterima Maka Peluang Menang Sangat Besar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Pengamat Sebut Jika Gugatan Diterima Maka Peluang Menang Sangat Besar

FAJARONLINE, MAKASSAR – Jelang putusan terakhir yudikal review bagi keluarga petahana yang menggugat PKPU terkait larangan maju dalam pilkada akan memungkinkan peluang menang sangat besar bagi keluarga petahana.

“Memang tak bisa dipungkiri itu. Jika benar MK jadi menerima gugatan pasal dinasti, maka beberapa figur yang sebelumnya dianggap punya peluang besar untuk menang, kansnya jadi menurun karena kehadiran putra dan keluarga kepala daerah,” kata pakar politik asal Universitas Hasanuddin, Andi Haris, Sabtu 13 Juni.

Diketahui, saat ini gugatan tersebut tinggal menunggu pembacaan putusan terakhir. Rencananya, pembacaan putusan tersebut akan dibacakan pada 18 Juni mendatang.

Menurut Andi Haris, kekuatan pengaruh kepala daerah serta ditunjang investasi sosial yang telah jauh hari mereka tanamkan di masyarakat, akan melekat kepada figur maupun keluarga yang akan mendapatkan restu dari kepala daerah tersebut. Sehingga pendukung yang selama ini berada di kandidat lain akan kemungkinan beralih.

” Kandidat yang selama ini juga mengklaim dukungan banyak akan mendapat ancaman baru,” ungkapnya.

Terpisah, anggota Komisi II DPR RI Azikin Soulthan mengatakan, bahwa UU tersebut sudah sangat tepat. Sebab, kata Azikin didalamnya sudah meliputi sistem kedemokrasian.

” Kecil kemungkinan itu bisa terpenuhi. Dengan alasan bahwa sistem demokrasi dalam UU itu sangat kuat, bahkan juga ditambah dengan beberapa kasus yang terjadi selama ini mengenai jabatan hanya dilingkup keluarga,” terangnya.
Apalagi, kata mantan Bupati bantaeng dua periode itu UU tersebut juga diperkuat dengan kehadiran peraturan komisi pemilihan umum (PKPU) yang saat ini sudah disahkan. “Aturan ini kembali juga dikuatkan dengan isi PKPU yang membatasi keluarga tersebut,”jelasnya.(taq)

loading...
Click to comment
To Top