Walikota bicara SOMBERE di Forum Internasional “Indonesian Foreign Policy 2015” – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Walikota bicara SOMBERE di Forum Internasional “Indonesian Foreign Policy 2015”

FAJARONLINE, JAKARTA – Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto didaulat memaparkan Makassar di hadapan sejumlah Duta Besar dan Walikota dalam kegiatan Conference on Indonesian Foreign Policy bertema  “Positive Nasionalism, Smart Internationalism” yang digagas FCPI (Foreign Policy Community of Indonesia) pimpinan Dino Pati Djalal, Sabtu 12 Juni di Sahid Jaya Hotel Jakarta.

Kegiatan yang juga didukung Departemen Luar Negeri RI, dihadiri Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, mengetengahkan kota/kabupaten di Indonesia yang dianggap berhasil mengangkat inovasi lokal ke taraf internasional.

Danny mengatakan, konsep yang diterapkan pemerintah kota Makassar berakar dari kearifan lokal dengan menyatukan konsep great humble, great hospitality and great brotherhood dalam konsep smart city.

“Tanpa konsep local wisdom seperti sombere, konsep smart city akan sulit diterima oleh masyarakat. Ini juga membangkitkan partisipasi aktif warga kota dalam implementasi visi Pemimpin kotanya,” kata Danny.

Dalam kegiatan itu Selain Danny Pomanto, Walikota Bandung Ridwan Kamil, Dubes Australia Paul Grigson dan Dubes India Gurijt Singh juga menjadi pembicara. Turut hadir pakar Marketing yang juga pimpinan Mark Plus, Hermawan Kartajaya.

Sementara Ridwan Kamil dalam paparannya menyatakan tipe pimpinan seperti dirinya dan Walikota Danny Pomanto bukanlah tipe walikota penjaga warung yang pasif.

“Kami akan menjemput setiap peluang yang ada dan menjadikan kota kami menjadi kota yang brkontribusi dalam level internasional,” kata kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil.

Dubes India untuk Indonesia Gurijt Singh menyatakan apresiasi tinggi atas apa yang telah dicapai Walikota Makassar dan Bandung. Konsep kebijakan kota, kata Gurijt, dalam membuat kota menjadi smart city haruslah didasari oleh konsep ekonomi dan bisnis yang kuat. (rilis)

loading...
Click to comment
To Top