Menara Air Desa Wonokerso Penuhi Kebutuhan Air Bersih Warga – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Menara Air Desa Wonokerso Penuhi Kebutuhan Air Bersih Warga

BATANG – Warga Desa Wonokerso, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, kini sudah tidak kesulitan air lagi, setelah dibangun menara air.

Menurut Kepala Desa Wonokerso, Muhamidin, menara air ini merupakan proyek pengadaan air bersih yang dikelola desa dengan sistem modern dan profesional. Dibangun pada 2014, menara air ini mampu mencukupi kebutuhan air bersih bagi warga di enam dusun yang memang sebelumnya kesulitan mendapatkan air bersih layak konsumsi.
Daerah Wonokerso memang berada di wilayah pegunungan, sehingga warga kesulitan membuat sumur. Kesulitan warga ini membuat Muhamidin tergerak untuk berbuat sesuatu yang berguna bagi warganya.
“Berdasarkan hasil survey, di bawah lokasi desa tersebut terdapat sumber air bawah tanah yang melimpah tapi tidak bisa digunakan kecuali dengan disedot menggunakan mesin pompa air bertekanan tinggi,” ujar Muhamidin kepada Rakyat Jateng, Minggu (14/6).
Setelah mengajukan proposal, BPD Batang akhirnya menyetujui dan mengucurkan dana hibah sebesar Rp460.201.000 yang digunakan untuk membangun menara air dengan bantuan Cipta Karya Kabupaten Batang sekaligus pengadaan mesin penyedot air dan perangkat instalasi pendistribusian yang memakai alat pengukur meteran air seperti yang diterapkan PDAM sedangkan untuk pengeboran menggunakan dana swadaya. Hasil penarikan rekening dipergunakan untuk membayar listrik mesin pompa air dan membiayai perawatan instalasinya.
Desa Wonokerso termasuk subur tapi kesulitan air baik untuk konsumsi maupun irigasi. Muhamidin berharap tahun ini masalah tersebut segera teratasi.
Air konsumsi sudah bisa dinikmati warga dengan adanya menara air walaupun belum bisa menjangkau seluruh desa. Untuk irigasi saat ini sedang dalam pengerjaan saluran sepanjang 525 meter dengan menggunakan dana Bansos APBN 2015 sebesar Seratus Tiga Puluh juta rupiah.
Nantinya saluran irigasi yang mengalirkan air dari kali Dimara ini diharapkan mampu mengairi sekitar 130 hektar sawah milik warga Desa Wonokerso dan Sidomulyo yang bersebelahan. Muhamidin bersyukur dana dari pemerintah mengalir lancar tanpa hambatan. Untuk itu dirinya sangat berterimakasih kepada Bupati Batang beserta jajarannya yang telah membantu mengatasi permasalahan di desanya. (feb)

loading...
Click to comment
To Top