Rekomendasi Eksternal KNPI Hasil Rakernas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Rekomendasi Eksternal KNPI Hasil Rakernas

JAKARTA – Dewa Pengurus Pusat Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) menggelar Rapat Kerja Nasional I Pemuda/KNPI di Sheraton Media Hotel, Jakarta pada 12-14 Juni 2015. Dihari terakhir Rakernas tersebut, KNPI menghasilkan 10 rekomendasi.

Rekomendasi pertama, KNPI mendesak pemerintah untuk lebih memberikan prioritas dalam kebijakan dan penganggaran bagi dunia kepemudaan dalam rangka meningkatkan SDM, kepemimpinan, patriotisme, kreatifitas, pengembangan seni dan kebudayaan, serta penguatan ideologi pancasila kepada pemuda Indonesia melalui KNPI.

Kedua, KNPI mendesak Pemerintahan Jokowi – JK untuk konsisten melakukan pemberantasan korupsi. KNPI memandang rakyat masih mencintai dan terus mendukung KPK untuk memberantas korupsi. Karena itu, dalam hal pemilihan calon pimpinan KPK, KNPI mendesak  Pansel untuk bekerja secara independen dan profesional.

Ketiga, KNPI mendesak DPR dan Pemerintah untuk segera melakukan revisi terhadap UU KUHP dan KUHAP demi terwujudnya kepastian hukum dan keadilan hukum.

Keempat, KNPI mendesak kepada Pemerintah dan Bank Indonesia untuk segera melakukan langkah-langkah nyata dan efektif dalam mengatasi  pelemahan nilai tukar rupiah terhadap USD diantaranya dengan memperbaiki defisit neraca berjalan (curent account) serta mewajibkan penggunaan rupiah untuk transaksi di dalam wilayah NKRI.

Kelima, KNPI mendesak Pemerintah untuk tidak menyerahkan harga BBM kepada mekanisme pasar.

Keenam, KNPI mendesak pemerintah untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan menjelang puasa sampai lebaran.

Ketujuh, dalam rangka membangun kadaulatan pangan KNPI mendesak Pemerintah untuk melakukan revitalisai peran Bulog.

Kedelapan, KNPI mendesak kepada Pemerintah untuk melakukan konsolidasi lahan secara komprehensif serta menangani resolusi konflik lahan dengan mempertimbangkan aspek keadilan termasuk keberadaan masyarakat adat.

Kesembilan, KNPI mendesak pemerintah untuk menjaga netralitas dan situasi keamanan yang kondusif dalam penyelenggaraan Pilkada serentak.

Dan terakhir, KNPI mendesak Pemerintah untuk merumuskan dan menjalankan kebijakan energi yang ramah lingkungan, berkelanjutan dan mudah diakses oleh masyarakat untuk mewujudkan kedaulatan energi nasional. (rls)

To Top